Melonjak, Penumpang dan Kru Kapal Diamond Princess Terinfeksi Wabah Virus Korona Jadi 542 Orang dari Sekitar 3.700 Penumpang dan Kru

Melonjak, Penumpang dan Kru Kapal Diamond Princess Terinfeksi Wabah Virus Korona Jadi 542 Orang dari Sekitar 3.700 Penumpang dan Kru
(CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 18 Februari 2020 18:04 WIB

Terasjabar.id - Jumlah penumpang dan kru kapal pesiar Diamond Princess yang terinfeksi virus korona bertambah 88 orang lagi, Selasa (18/2/2020). Dengan demikian jumlah total yang terinfeksi hingga hari ini menjadi 542 orang dari total sekitar 3.700 penumpang dan kru.

Jumlah tersebut menjadikan kapal pesiar yang berlabuh di Yokohama, Jepang, itu sebagai kluster virus korona terbesar di luar China.

Hal yang mengejutkan, sebanyak 65 orang yang positif terinfeksi tak menunjukkan gejala seperti demam dan lainnya.

Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan, para penderita terbaru akan dikirim ke beberapa rumah sakit khusus. Tak disebutkan identitas mereka termasuk status kewarganegaraan.

"Kami telah memeriksa semua orang. Beberapa hasilnya telah keluar dan bagi mereka yang hasil tesnya jelas (negatif), kami bersiap mengeluarkan mereka," kata Menteri Kesehatan Katsunobu Kato, dikutip dari AFP.

Dalam surat yang dikirim kepada penumpang, pihak berwenang menjelaskan hasil tes untuk kelompok terakir baru keluar beberapa hari mendatang. Penumpang dan kru yang negatif bisa keluar paling lambat pada 21 Februari.

"Jika Anda dan teman sekamar negatif dan tidak mengalami gejala pernapasan, Anda bisa bersiap-siap turun," isi surat.

Namun, lanjut dia, mereka yang memiliki kontak dengan siapa saja yang hasilnya positif harus menjalani karantina lagi.

Beberapa negara memutuskan akan menjemput warga mereka yang menjadi penumpang dan kru Diamond Princess dari Jepang.

Inggris merupakan negara terbaru yang memfasilitasi warganya untuk pulang. Dijelaskan, langkah ini diambil karena adanya keraguan efektivitas karantina di saat jumlah penderita terus bertambah dari hari ke hari.

Sebelumnya Kanada, Australia, Hong Kong, dan Korea Selatan, menyatakan akan mengevakuasi warganya dari kapal pesiar itu, mengikuti langkah AS yang lebih dulu menerbangkan sekitar 300 orang, termasuk mereka yang sudah dinyatakan positif terinfeksi. Disadur dari iNews.id

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Kapal Pesiar Diamond Princess


Loading...