3 dari 78 WNI Kru Kapal Pesiar Jepang Diamond Princess Positif Terinfeksi Virus Corona

3 dari 78 WNI Kru Kapal Pesiar Jepang Diamond Princess Positif Terinfeksi Virus Corona
EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 18 Februari 2020 15:00 WIB

Terasjabar.id - Dari 78 warga negara Indonesia atau WNI yang berada di kapal pesiar Jepang Diamond Princess, tiga di antaranya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Saat ini, kapal pesiar tersebut masih berada di perairan Yokohama, Jepang.

"Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif)," ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020). (KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYA)

Di kapal tersebut, menurut Retno, ada 446 orang yang positif corona. Adapun WNI yang menjadi kru di sana 78 orang.

Retno juga menyampaikan, dua dari tiga WNI yang positif corona itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang.

"Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Sehingga per detik ini teman-teman, saya belum dapat menyampaikan 1 WNI di bawa ke rumah sakit mana," kata Retno.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, pemerintah membantu penyediaan logistik 78 WNI di Kapal Diamond Princess yang dikarantina di Perairan Yokohama, Jepang, akibat ada penumpang yang tertular virus corona.

"Tim kami dari KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI tersebut, bahkan kita sempat mengirim beberapa keperluan logistik mereka," ujar Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Ia mengatakan, pemerintah melalui KBRI Tokyo terus berkomunikasi dengan 78 WNI tersebut mengingat masa karantina mereka akan berakhir pada 19 Februari.

Retno sudah meminta Kementerian Kesehatan menyiapkan tim untuk berangkat ke Jepang. Nantinya tim tersebut akan memfasilitasi kepulangan para WNI jika diperlukan.

Ia memastikan bahwa WNI yang positif terjangkit virus corona mendapat pelayanan yang baik.

Retno Marsudi mengungkapkan, perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang sudah bertolak ke Kota Chiba, Jepang, guna memastikan tiga WNI yang positif terjangkit virus corona mendapat penanganan medis.

"Tim KBRI mungkin sudah berada di Chiba, per pagi tadi mereka sedang menuju ke Chiba untuk memastikan WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang," ujar Retno di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).  (Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya)



Diamond Princess Virus Corona WNI Kapal Pesiar


Loading...