Advertisement

Berbagai Keluhan Diterima Gubernur Ridwan Kamil Soal Kenaikan Harga Bawang Putih, 'Harganya Naik 2 Kali Lipat'

Berbagai Keluhan Diterima Gubernur Ridwan Kamil Soal Kenaikan Harga Bawang Putih, 'Harganya Naik 2 Kali Lipat'
(Kompas Lifestyle : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 18 Februari 2020 14:56 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil menampung langsung berbagai keluhan konsumen terkait harga bawang putih yang mengalami kenaikan di pasar. Dia menyebut harga bawang putih naik hingga dua kali lipat.

"Saya menerima langsung keluhan dan laporan dari emak-emak terkait (kenaikan). bawang putih. Hampir naiknya ada dua kali lipat, mendekati Rp50 ribu hingga Rp60 ribu," kata Gubernur Ridwan Kamil usai memantau operasi pasar murah bawang putih di Pasar Astana Anyar Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

Dia mengatakan pelaksanaan operasi pasar murah bawang putih yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar tersebut merupakan jawaban pihaknya terkait berbagai keluhan konsumen kepada pihaknya.

"Kami dengan sigap segera melakukan operasi pasar untuk mengirim bawang putih dengan harga Rp28 ribu per kilo ke pasar di seluruh Jabar. Seperti di Pasar Astana Anyar, satu dari sekian pasar di Kota Bandung mewakili koordinasi ini," kata Kang Emil.

Sementara itu terkait dugaan penimbunan komoditas kebutuhan pokok masyarakat atau adanya kartel, Gubernur Emil menilai rumor seperti itu lazim terjadi di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok. Oleh karena itu, dia akan lebih fokus pada pengendalian harga kebutuhan pokok agar bisa terjangkau oleh masyarakat.

"Saat ini fokus di kita pastikan harga di dapur buat konsumen yang terjangkau. Sehingga tugas di daerah tidak bisa terlalu jauh, kita hanya fokus kenaikan, kalau tidak dikendalikan inflasi naik, kalau naik berpengaruh ke daya beli," ujarnya.

Selain meninjau operasi pasar bawang putih di Pasar Astanaanyar, Kang Emil juga memantau harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat lainnya. Dari pantauan tersebut, kebutuhan pokok lainnya seperti beras, daging ayam dan sapi, hingga cabai rata-rata dijual dengan harga normal.

"Selain yang utama bawang putih, kita memantau ke dalam (pasar) rata-rata harga kebutuhan masyarakat normal, beras saya cek normal, daging ayam, daging sapi, masih 110 ribu per kilogram," ujar Kang Emil. Disadur dari iNews.id

Bawang Putih Kenaikan Harga Ridwan Kamil


Related Post



Loading...