Sebanyak 11 Rumah di Perumahan Babakan Loa Permai Terendam Banjir, Satu Rumah Jebol

Sebanyak 11 Rumah di Perumahan Babakan Loa Permai Terendam Banjir, Satu Rumah Jebol
(Tribun Jabar/Hilman Kamaludin : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 17 Februari 2020 16:13 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 11 rumah di Perumahan Babakan Loa Permai (Balover) Blok D RT 02/20, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terendam banjir, bahkan satu rumah jebol akibat kejadian tersebut.

Banjir yang terjadi, pada Minggu (16/2/2020) iti terjadi akibat benteng di lahan Perumahan Bumi Asri Residence ambruk dan menutup saluran air sehingga menyebabkan air bah menjebol rumah milik Mufida Nur (65) hingga airnya mengalir ke rumah yang lain.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (17/2/2020), semua pemilik rumah yang terdampak banjir tampak sibuk membersihkan lumpur dari sisa banjir tersebut dan harus mengekuarkan alat-alat rumah tangga.

Wilayah Bandung diguyur hujan deras Senin (17/2/2020) siang hingga sore. Beberapa titik di wilayah kota kembang pun dilaporkan digenangi air banjir.
Wilayah Bandung diguyur hujan deras Senin (17/2/2020) siang hingga sore. Beberapa titik di wilayah kota kembang pun dilaporkan digenangi air banjir. (Istimewa via Twitter @awansiahaan dan Instagram @infobandungkota)

Warga setempat Panji Gumilar (38), mengatakan, jebolnya beteng pembatas perumahan itu berdampak luas terhadap rumah di sekitarnya.

"Dampaknya yang 10 rumah itu ikut kebanjiran. Penyebabnya tanggul ambruk Perumahan Bumi Asri Residen," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Namun rumah milik orang tuanya itu yang paling parah terdampak banjir setelah diterjang air bah karena tepat dibelakang rumahnya terdapat benteng yang ambrol dan saluran air.

"Selain dinding jebol, alat rumah tangga seperti lemari, kursi dan alat elektronik terendam air, kerugian diperkirakan mencapai Rp 250 juta," katanya.

Selain tanah longsor, juga terjadi banjir bandang Kejadian banjir terjadi di Perumahan Baloper (sebelumnya tertulis Balover), pada Blok D RT 2 RW 20, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, akibat kejadian tersebut memang menyebabkan satu rumah mengalami rusak berat dan 10 rumah lainnya terdampak.

"Kejadiannya terjadi sekira pukul 15 30 WIB, saat terjadi hujan deras. Kemudian Tanggul ambruk dari perumahan Bumi Asri Residen menutup saluran air (drainase) sehingga air meluap berdampak ke Perumahan Baloper," katanya.

Saat ini, petugas BPBD tengah mengusahakan untuk melakukan normalisasi saluran airbyang tertutup oleh material tanggul yang jebol, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Disadur dari Tribunjabar.id

Perumahan Babakan Loa Permai Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat


Loading...