Banjir Melanda Desa Cibingbin, Rumah Warga Terendam Air Setinggi 60 Cm

Banjir Melanda Desa Cibingbin, Rumah Warga Terendam Air Setinggi 60 Cm
Banjir menggenangi rumah warga di desa Cibingbin, Dukuhbadag dan Sukaharja.
Editor: Admin Teras Kuningan —Senin, 17 Februari 2020 08:23 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kuningan sejak siang hingga petang pukul 16.00 WIB, mengakibatkan banjir yang merendam puluhan rumah warga setinghi 60 - 70 cm di Desa Cibingbin Kab Kuningan, Minggu (16/2/2020).

Camat Cibingbin Bagja Gumelar, ketika dihubungi mengatakan banjir terjadi akibat luapan sungai Cikondang hingga menggenangi puluhan rumah warga di blok Cikondang blok Manis, dan blok Parenca. Ketinggian air antara 60 - 70 cm, bahkan sekolah MtsN Cibingbin dan SMK Cibening tidak luput dari terjangan banjir hingga kedua sekolah itu ikut terendam air banjir, ujarnya melalui sambungan telepon Minggu malam (16/2/2020).

Banjir menggenangi rumah warga di desa Cibingbin, Dukuhbadag dan Sukaharja.


Desa yang terendam banjir selain Desa Cibingbin, juga desa Dukuhbadag dan desa Sukaharja.

Sementara itu, pihak BPBD Kuningan menugaskan stafnya untuk membantu warga mengantisifasi hal-hal yang tidak diharapkan akibat banjir dibantu juga oleh warga dan Karang Taruna setempat, terang Agus Mauludin Kepala Pelaksana BPBD saat dikonfirmasi.

Namun sejauh ini, tidak terdapat korban jiwa dan berapa jumlah rumah warga yang terkena dampak banjir tersebut masih dalam pendataan, imbuh dia.

 

BANJIR DI CIGUGUR

Musibah banjir dan angin kencang juga terjadi di kelurahan Cigugur pekan silam. Akibat hujan lebat dan angin kencang itu sedikitnya 10 pohon usia puluhan tahun tumbang menimpa pagar pembatas wisata kolam renang Cigugur, hingga roboh sepanjang 30 meter, ujar Lurah Nono Darsono,SE saat diwawancarai di kantornya kemarin.

Pohon tumbang menimpa pagar pembatas di wisata kolam renang Cigugur.


Akibat banjir itu akses jalan menuju RS Sekar Kamulyan nyaris longsor. Bahkan air kotor disaat banjir tumpah ke kolam renang, tuturnya.

Untuk mengantisifasi banjir susulan dan menghindari bahaya longsor, sementara membuat barikade berupa karung diisi tanah disepanjang pagar yang roboh, ujarnya.

Terkait bencana ini, kami sudah kirim surat ke Bupati agar segera memberi bantuan untuk perbaikan, karena bila terjadi hujan lagi dikhawatirkan kondisi fisiknya akan lebih parah, harapnya.


(H WAWAN JR)

 

Banjir Melanda Desa Cibingbin Rumah Warga Terendam Air Setinggi 60 Cm Kuningan


Loading...