'Air Tanah di Perumahan Batan Indah Tidak Terkontaminasi Radioaktif 'Tutur Badan Pengawas Tenaga Nuklir

'Air Tanah di Perumahan Batan Indah Tidak Terkontaminasi Radioaktif 'Tutur Badan Pengawas Tenaga Nuklir
(Pindainews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 16 Februari 2020 09:51 WIB

Terasjabar.id - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan air tanah di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan tak terkontaminasi radioaktif. Terutama di sekitar wilayah tempat ditemukannya limbah radioaktif di perumahan tersebut.

Hal itu disampaikan Sekretaris Utama Bapeten, Hendiyanto melalui keterangan tertulis, Minggu (16/2/2020). Dia mengatakan tim dari Bapeten telah melakukan pengukuran dan pengujian terhadap air tanah di sekitar lokasi pembuangan limbah radioaktif.

"Sudah dilakukan pengukuran dan pengujian, air tanah di sekitar lokasi pembuangan limbah dipastikan dalam kondisi tidak terkontaminasi," ucapnya.

Hendiyanto mengatakan Bapeten bersama Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) saat ini fokus membersihkan limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah. Termasuk memotong pohon di sekitar lokasi pembuangan yang dicurigai terpapar radioaktif.

Proses pembersihan sudah dilakukan sejak Sabtu (15/2/2020) kemarin. Batan juga melakukan whole body counting (WBC) terhadap sembilan warga di sekitar lokasi pembuangan untuk mengetahui dampak radiasi.

"Ada sekitar lima titik sumber radiasi di atas ambang, saat ini sudah dibawa dan sedang diteliti di laboratorium Batan," kata Hendiyanto.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara mengatakan radiasi radioaktif di Perumahan Batan Indah bukan berasal dari reaktor milik Batan, tetapi dari limbah radioaktif. Batan, Bapeten, dan kepolisian setempat akan terus menyampaikan perkembangan lebih lanjut mengenai kejadian ini. Disadur dari iNews.id

Badan Pengawas Tenaga Nuklir Air Tanah Perumahan Batan Indah Tak Terkontaminasi Radioaktif


Loading...