Gempa Bumi Bermagnitudi 5,6 Mengguncang Laut Seram Timur Maluku

Gempa Bumi Bermagnitudi 5,6 Mengguncang Laut Seram Timur Maluku
(Ilustrasi Sains Kompas : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 16 Februari 2020 09:41 WIB

Terasjabar.id - Gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang laut Seram Timur Maluku, Minggu (16/2/2020) pagi, sekitar pukul 08.00 WIT. Gempa tersebut dirasakan hingga Kota Sorong, Papua Barat.

Seorang warga Sorong, Ellya mengatakan, guncangan akibat gempa bumi tersebut terasa meski tidak terlalu kuat. Durasi gempa sekitar 10 detik.

"Iya, terasa. Tapi tidak terlalu kencang," kata dia kepada wartawan di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Minggu (16/2/2020).

Laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terletak pada koordinat 3,37 lintang selatan dan 131.49 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 97 km arah Barat Daya Kota Fakfak, Papua Barat pada kedalaman 16 km.

Melihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan aktifitas sesar lokal.

Dampak Gempa bumi ini dirasakan hingga di daerah Bula yakni III MMI, atau seperti ada truk berlalu. Sedangkan di Sorong II - III NMII.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Laut Seram Timur Maluku Kota Sorong Papua Barat Bermagnitudo 5 6


Loading...