Turis China Positif Terkena Virus Korona Tidak Terinfeksi di Bali

Turis China Positif Terkena Virus Korona Tidak Terinfeksi di Bali
(iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 16 Februari 2020 09:31 WIB

Terasjabar.id - Indonesia sempat dihebohkan berita seorang warga negara China terinfeksi virus korona usai mengunjungi Bali beberapa hari sebelumnya. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memastikan turis dari China itu tidak terinfeksi saat berada di pulau dewata.

Hal itu disampaikan Terawan saat menyambut kembalinya 238 warga negara Indonesia (WNI) dari program karantina, Sabtu (15/2/2020) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Terawan memastikan turis tersebut terinfeksi di China.

"Positif kenanya di sana (China)," ujar Terawan.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu menjelaskan kepastian tersebut dihitung dari masa inkubasi virus korona selama 14 hari. Turis tersebut meninggalkan Bali pada 28 Januari 2020. Sementara itu, Terawan menegaskan belum ada kasus infeksi korona yang ditemukan di Indonesia, khususnya Bali hingga saat ini.

"Kalau dihitung dari 28 Januari 2020 berarti sudah 18 hari sampai sekarang. Gejalanya juga tidak ditemukan di Bali sampai sekarang, jadi artinya ya tidak ada," ujarnya.

Sebelumnya turis asal Wuhan, China, bernama keluarga Jin, dinyatakan positif terinfeksi virus korona pada 5 Februari 2020, sebagaimana dimumkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan dan Penyakit Huainan di akun Weibo, sehari setelahnya. Dia terbang dari Wuhan ke Bali menggunakan penerbangan Lion Air pada 22 Januari, lalu pulang melalui Shanghai menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada 28 Januari. Disadur dari iNews.id

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Warga Negara China Bali


Loading...