Detik-detik 238 WNI Dipulangkan dari Natuna Setelah 14 Hari Jalani Observasi, Suasananya Mengharukan

Detik-detik 238 WNI Dipulangkan dari Natuna Setelah 14 Hari Jalani Observasi, Suasananya Mengharukan
Tribunbatam
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 15 Februari 2020 16:11 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI ) akhirnya dipulangkan setelah 14 hari menjalani observasi di Hanggar Lanud Raden Sajad, Kecamatan Ranai Kota, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Pantauan Tribun Batam, Sabtu (15/2/2020) pukul 13,00 WIB, di Lanud Raden Sajad, ratusan WNI itu diterbangkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sebelum diterbangkan mereka diberikan surat keterangan sehat dari Kemenkes yang diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto secara simbolik.

 

Motivasi semangat tak luput menjadi pesan buat ratusan WNI agar dapat berjuang melanjutkan mimpi-mimpi.

Ratusan WNI itu tampak antusias, tepuk dan sorak teriakan yang terdengar menjadi penyemangat mereka.


Bahkan sebelum ratusan WNI memasuki pesawat, mereka bergilir bergantian menuju pintu pesawat.

Mereka begitu, bersemangat bahkan ada yang bahagia hinga meneteskan air mata.

"Terimakasih Pak Menteri, kami akan segera bertemu keluarga," teriak para mahasiswa itu.

Dengan menenteng tas berjalan menuju pesawat, lambaian tangan tak henti-hentinya disampaikan kepada masyarakat Natuna yang ikut menyaksikan keberangkatan ratusan WNI.

 

Ratusan Warga Ikut Melepas

Masyarakat Natuna ikut melepas keberangkatan 238 Warga Negara Indonesia yang diobservasi di Hanggar Lanud Raden Sajad, Natuna, Sabtu (15/2/2020) siang.

Pantauan Tribun, lokasi hanggar tengah dipadati ratusan warga Natuna.

Mereka tampak menenteng Bendera Merah Putih.

Suasana itu seketika begitu riuh di bawah terik matahari.


Ketua RT warga Kota Tua Penagi, Yohannes mengatakan warga akan melepas pemulangan ratusan WNI.

"150 orang dari Kota Tua Penagih dan 74 orang dari kampung Pering," ujarnya.

Tidak hanya warga, bahkan ratusan personel gabungan tampak memadati lokasi hanggar, sementara para WNI masih tampak di dalam hanggar.

Sebanyak 3 unit pesawat yang akan mengangkut ratusan WNI telah stanby di samping hanggar.

 

Butuh Pendampingan Psikologi

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan 238 WNI peserta observasi akan segera dikembalikan ke keluarga masing-masing hari ini, Sabtu (15/2/2020).

Namun setelah dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, Yuri menyebutkan masih akan dilakukan pendampingan.

"Akan dilakukan pendampingan oleh Pemerinta Daerah (Pemda) setempat hingga ke derah asalnya," ujarnya di Hanggar Lanud Raden Sajad, Sabtu (15/2/2020) pagi.

Pendampingan dilakukan bukan tentang permasalahan kesehatan lagi, kondisi mereka telah kita nyatakan negatif dari virus corona, namun tentang keberlangsungan studi mereka.

Tujuannya, kata Yuri, untuk memberikan penyemangatan bagi mereka, mungkin ada kondisi mereka masih shock, sementara mereka dalam keadaan sehat namun harus diisolasi 14 hari, nah tentu itu akan berpengaruh dengan psikologi mereka.

Menteri Kesehatan RI, dr Terawan bersama bersama Menteri PMK dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo tiba di bandara Lanud Raden Sajad, Natuna, Sabtu (15/2/2020).
Menteri Kesehatan RI, dr Terawan bersama bersama Menteri PMK dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo tiba di bandara Lanud Raden Sajad, Natuna, Sabtu (15/2/2020). (Tribunbatam.id/Beres Lumbantobing)

Selain itu, nantinya tugas Pemda mengurusi mereka yang merupakan putra dan putri daerahnya.

"Mungkin ada kendala nantinya yang dihadapkan kepada mereka, seperti bagaimana pembiayaan mereka kembali ke Wuhan untuk melanjutkan studi dan lainnya," kata Yuri.

Sebab, lanjut dia para mahasiswa ini bukan orang yang berada.

Yuri menerangkan bahwa dari 238 WNI tersebut merupakan mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Wuhan.

 

"Di antara mereka ada yang beasiswa dari perusahaan dan ada dari pemerintah pusat dan bahkan juga Pemda setempat," ucapnya.

"Kita minta Pemda harus bertanggungjawab nantinya atas keberlangsungan pendidikan mereka ini, walau bagaimana pun mereka ini aset bangsa yang harus diperjuangkan mimpinya," kata Yuri. (Tribunbatam.id/bereslumbantobing)



Natuna WNI Observasi Virus Corona


Loading...