Dalam 3 Bulan, 10 Orang Terjangkit AIDS di Bandung Barat

Dalam 3 Bulan, 10 Orang Terjangkit AIDS di Bandung Barat
Ilustrasi pemeriksaan HIV/AIDS. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Editor: Admin Teras KBB —Jumat, 14 Februari 2020 15:15 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 10 orang warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan positif terkena penyakit AIDS. Data tersebut berdasarkan hasil laporan dari Puskesmas di wilayah KBB per Oktober-Desember 2019.

Pengelola Program HIV pada Komisioner Penanggulangan AIDS (KPA) KBB, Anzhar Ismail, mengatakan, jumlah itu menambah deretan daftar Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) menjadi 399 orang.

"10 kasus itu temuan di bulan Oktober, November dan Desember, hasil dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Puskesmas-puskemas," kata Anzhar di Ngamprah, Jumat (14/2/2020).

Dia menyebut temuan 10 orang penderita HIV AIDS itu berasal dari berbagai kalangan dan profesi yang tersebar di wilayah KBB, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga pekerja seks komersial.

"Mereka terdeteksi saat melakukan pemeriksaan di Puskesmas, dan melakukan pengobatan di Rumah Sakit. Pihak puskesmas pun mendata dan melaporkan temuan ini ke KPA," ujarnya.

Anzhar menjelaskan, banyak pasien HIV AIDS yang berhenti mengkonsumsi obat. Hal itu menjadi kendala serius dalam menjalani masa penyembuhan pasien.

"Mungkin karena mereka sudah merasa sehat dan sembuh, jadi mereka berhenti mengkonsumsi obat nya. Padahal, jika obat itu terus dikonsumsi bisa mencegah virus HIV untuk berkembang biak dalam tubuh," jelasnya.

Penemuan kasus AISD di KBB dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan. Penularan kasus HIV terbanyak berdasarkan kelompok resiko, yakni pada pengguna Jarum Suntik 9% (turun 2-3 %) dan Heteroseksual 53% (naik 2-3 %).

Sementara, kasus HIV pada ibu rumah tangga 14 %, dengan penemuan kasus baru rata-rata 50 orang per tahun.

“Jika berdasarkan kelompok usia penularan banyak terjadi pada kelompok umur 21–29 tahun (52%). Peningkatan jumlah penemuan kasus di komunitas LSL (Laki Seks Laki). Status Epidemi HIV di KBB termasuk pada wilayah dengan epidemi terkonsentrasi artinya masih banyak ditemukan di populasi kunci," ungkapnya.

(Ayobandung.com)

Dalam 3 Bulan 10 Orang Terjangkit AIDS di Bandung Barat Kabupaten Bandung Barat (KBB) ODHA HIV


Loading...