Advertisement

Kota Cimahi Gelontorkan Rp 2,4 M untuk Merawat Truk Sampah

Kota Cimahi Gelontorkan Rp 2,4 M untuk Merawat Truk Sampah
(Ilustrasi). FOTO : Azis / Radar Bogor.
Editor: Dea Teras Cimahi —Jumat, 14 Februari 2020 15:00 WIB

Terasjabar.id - DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menyiapkan pagu anggaran untuk pemeliharaan kendaraan operasional truk pengangkut sampah tahun ini sebesar Rp 2.483.400.000.

Dari sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), yakni lpse.cimahikota.go.id, pemenang lelang pemeliharaan truk sampah di tahun 2020 adalah PT Benteng Wibawa Perkasa yang berdomisili di Jalan Raya Barat, Cisangkan, Kota Cimahi.

"Itu untuk pemeliharaan 39 unit dump truck," kata Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Kamis (13/2/2020).

Ronny menjelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk servis reguler dan pergantian duku cadang truk pengangkut sampah, dari Kota Cimahi ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Pemeliharaannya, servis reguler, ganti ban, pelumas dan sebagainya. Biasanya, kalau yang rutin itu per triwulan sekali. Tapi kalau ada kerusakan mendadak, kita langsung benerin, tidak tergantung triwulan," jelasnya.

Ronny mengakui, anggaran pemeliharaan paling besar biasanya terserap oleh truk pengangkut sampah yang sudah tua. Tercatat, dari 39 truk pengangkut sampah, ada 14 kendaraan keluaran tahun 2002-2012.

Sedangkan sisanya dianggap relatif masih baru, sebab dibeli dari tahun 2015 hingga tahun 2019. "Akhir tahun lalu saja, ada truk tahun 2002 yang turun mesin. Itu sampai ratusan juta biaya perbaikannya," terang Ronny.

Seringnya truk pengangkut sampah 'ujur' dianggap wajar jika dibandingkan dengan beban angkut dan mobilisasi dari Kota Cimahi ke TPAS Sarimukti, KBB.

Sebab dalam sehari, truk-truk tersebut harus mengangkut sampah hingga 270,399 ton dengan armada yang ada. Itupung yang yang terangkut ke TPAS hanya 222,68 ton. "Sisanya itu ada yang treduski di sumber dan tidak tertangani," ucapnya.

(Galamedianews.com)

Kota Cimahi Gelontorkan Rp 2 4 M untuk Merawat Truk Sampah


Related Post


 


Loading...