Advertisement

Tak Ada Lahan, Mobil Bapenda Jabar Diparkir di Basement Swalayan

Tak Ada Lahan, Mobil Bapenda Jabar Diparkir di Basement Swalayan
Mobil Dispenda Jabar, Foto: Antara
Editor: Dea Teras Bandung —Jumat, 14 Februari 2020 14:40 WIB

Terasjabar.id -  Sejumlah kendaraan dinas roda empat (mobil) milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat (Jawa Barat) terpaksa diparkir di basement sebuah toko ritel, Jalan Ibrahim Adjie-Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung. Kepala Bapenda Jabar Hening Widiatmoko mengatakan bahwa kendaraan-kendaraan tersebut harus diparkir di toko ritel karena keterbatasan lahan di gedungnya.

"Kami belum dapat membangun lahan parkir basement dua lantai ke bawah untuk melindungi kendaraan operasional dari hujan dan panas," katanya, yang dikutip dari Inews.id, Kamis (13/2/2020).

Dia mengatakan menyewa khusus lahan parkir tersebut. Penyewaan lahan dilakukan hingga parkir tersedia.

"Lahan parkir eksisting terbatas maka diparkir di lahan parkir Carrefour dengan cara menyewa," katanya.

Menurut Hening, Bapenda Jabar telah membuat masterplan revitalisasi lingkungan Kantor Bapenda Jabar yang terbagi tiga tahapan, yakni pertama adalah pembangun masjid, penataan taman tematik, dan gedung arsip tahun 2018 yang sudah terbangun.

Tahap yang kedua ialah membangun sarana olahraga indoor pada tahun 2019, kemudian tahap yang terakhir ialah membangun infrastruktur parkir mobil bawah tanah atau basement di halaman kantor.

Kendaraan-kendaraan dinas berpelat merah yang diparkir di pusat perbelanjaan tersebut, kata dia, adalah kendaraan yang masih digunakan sehari-hari. Namun, ada yang sudah didaftarkan untuk dilelang.

"Ya, kami menyadari bahwa mungkin akan timbul pertanyaan mengapa berdebu dan seperti tidak terurus. Perlu dijelaskan bahwa Subbagian Umum Sekretariat Bapenda Jabar secara rutin merawat kendaraan dengan menghidupkan atau memanaskan stasioner sekaligus dibersihkan," ujarnya.

Dia menilai saat masyarakat melihat kondisi kendaraan yang kotor, saat itu petugas belum membersihkannya. Namun, bukan berarti tidak ada kegiatan perawatan dan kepedulian.

Penyewaan lahan parkir tersebut, sudah melalui proses asistensi dan sesuai peraturan saat usulan anggaran tahun sebelumnya. Akan tetapi, pihaknya belum bisa menyebutkan nilai sewa lahan parkir tersebut.

Tak Ada Lahan Mobil Bapenda Jabar Diparkir di Basement Swalayan


Related Post


 


Loading...