NASA Umumkan Empat Misi Antariksa Baru

NASA Umumkan Empat Misi Antariksa Baru
SpaceNews
Editor: Malda Hot News —Jumat, 14 Februari 2020 11:04 WIB

Terasjabar.id -

NASA mengumumkan empat misi antariksa baru yang diharapkan bisa menyibak misteri tentang objek-objek yang diteliti. Dua tim akan fokus ke planet Venus, satu akan meneliti bulan yang mengelilingi Jupiter dan satu lagi akan fokus ke bulan yang mengelilingi Neptunus.

Dilansir detikINET dari Cnet, Jumat (14/2/2020) keempat misi ini dipilih dari empat tim yang merupakan finalis dari Discovery Program. Untuk merancang konsep penelitian mereka, keempat tim diberikan dana sebesar USD 3 juta.


"Misi yang terpilih ini memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kami terhadap beberapa dunia yang paling aktif dan kompleks di sistem tata surya," kata Associate Administrator Science Mission Directorate NASA, Thomas Zurbuchen.

Dua dari empat misi yang terpilih akan fokus ke Venus yaitu DAVINCI+ dan VERITAS. DAVINCI+ (Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry and Imaging Plus) akan menganalisis atmosfer Venus untuk melihat bagaimana proses terbentuk dan evolusinya, serta untuk melihat apa planet ini pernah memiliki lautan.

Sedangkan VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy) akan memetakan permukaan Venus untuk memeriksa sejarah geologinya.

Dua misi lainnya akan melihat bulan yang mengelilingi planet. Io Volcano Observer (IVO) akan menjelajahi Io, bulan Jupiter yang dipenuhi gunung berapi, untuk mempelajari lautan magma dan kekuatan pasang surut.


Keempat tim yang terpilih akan diberikan waktu selama sembilan bulan untuk mengembangkan rencana dan konsep yang terkait dengan misi. Setelah itu, NASA akan mengevaluasi hasil studi masing-masing tim dan akan memilih dua misi pada 2021.Terakhir ada Trident yang akan menjelajahi Triton, bulan es yang mengelilingi Neptunus untuk melihat apakah objek luar angkasa yang sangat jauh dari Matahari bisa dihuni.


(vmp/fay/Detik)

Astronout NASA Antariksa


Loading...