Samping Tol Purbaleunyi KM 118 Longsor, 10 Rumah Tertimbun, Gorong-gorong Bawah Tol Tersumbat

Samping Tol Purbaleunyi KM 118 Longsor, 10 Rumah Tertimbun, Gorong-gorong Bawah Tol Tersumbat
ongsor terjadi di dekat tol Purbaleunyi KM 118, Hegarmanah, Mekarsari, Ngamprah, kabupaten Bandung Barat. TribunJabar.com/Hilman Kamaludin
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 12 Februari 2020 13:58 WIB

Terasjabar.id -  Longsor terjadi di dekat tol Purbaleunyi KM 118, Hegarmanah RT 03/04, Mekarsari, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Sedikitnya 10 rumah tertimbun longsoran tanah yang terjadi malam, (11/2/20).

Dari total 10 rumah itu, dua di antaranya rata dengan tanah.

Sedangkan 8 rumah yang lain tertutup tanah sebagian.

Namun rumah yang terdampak longsor terlihat rusak parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, mengatakan semua pemilik rumah yang terdampak longsor tersebut langsung dievakuasi ke pengungsian karena rumahnya sudah tidak bisa ditempati.

"Akibat longsor ini, 10 rumah rusak berat (tertimbun), dua di antaranya rata dengan tanah," tuturnya.

"Pemiliknya sudah dievakuasi ke tempat yang aman, sebagian ada yang mengungsi ke rumah kerabatnya," ujar Duddy saat ditemui di lokasi kejadian.

Pantauan di lokasi, posisi 10 rumah tersebut berada di lokasi yang paling bawah.

Sedangkan longsor itu terjadi dari area pesawahan yang lokasinya di bagian atas, tepatnya di samping Tol Purbaleunyi KM 118.

Duddy mengatakan, beberapa hari sebelumnya terjadi longsor di area pesawahan bagian atas.

Sehingga menyebabkan ada genangan air karena gorong-gorong yang berada di bawah jalan tol itu tersumbat material longsor.

"Penyebab tersumbatnya gorong-gorong di bawah jalan tol itu karena terjadi longsor juga di bagian utara (atas)," katanya.

Akhirnya, genangan air yang membuat sawah menjadi seperti kolam itu meluap setelah turun hujan deras dan gorong-gorong yang asalnya tersumbat itu jebol hingga menerjang lahan pesawahan terasering.

Kemudian longsor dari area persawahan terasering itu longsor hingga tanahnya terus bergerak ke bawah dan akhirnya menerjang permukiman warga.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, karena sebelum tanah bergerak sampai permukiman, warga bisa langsung menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," ucap Duddy.

(GridOto.com)

Samping Tol Purbaleunyi KM 118 Longsor 10 Rumah Tertimbun Gorong-gorong Bawah Tol Tersumbat Ngamprah Kabupaten Bandung Barat


Loading...