Dua Pejabat Kesehatan Paling Senior di Provinsi Hubei Dipecat, Wabah Virus Korona Makin Mengkhawatirkan

Dua Pejabat Kesehatan Paling Senior di Provinsi Hubei Dipecat, Wabah Virus Korona Makin Mengkhawatirkan
(Beritasatu.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 11 Februari 2020 16:07 WIB

Terasjabar.id - Dua pejabat kesehatan paling senior di Provinsi Hubei, China, dicopot di tengah makin mengkhawatirkannya wabah virus corona. Pemecatan ini diumumkan saat tekanan semakin meningkat terhadap cara otoritas setempat menangani wabah virus corona, yang sejauh ini menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Seperti dilansir AFP dan China Global Television Network (CGTN), Selasa (11/2/2020), Zhang Jin yang menjabat Sekretaris Partai Komunis pada Komisi Kesehatan Provinsi Hubei dan Liu Yingzi yang menjabat Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Hubei dicopot dari jabatannya dalam pengumuman yang disampaikan televisi nasional CCTV.

Disebutkan CCTV bahwa keduanya dicopot atas keputusan dari Komisi Partai Komunis China untuk Provinsi Hubei pada Senin (10/2) waktu setempat. Alasan pencopotan keduanya tidak disebutkan lebih lanjut.

Hingga kini, total 1.018 orang meninggal dunia akibat virus corona di China daratan, Hong Kong dan Filipina. Lebih dari 43 ribu orang terinfeksi virus ini secara global.Provinsi Hubei, yang berpenduduk lebih dari 59 juta jiwa, menjadi pusat wabah virus corona atau novel coronavirus yang muncul sejak Desember tahun lalu. Virus ini diyakini berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei.

Otoritas Provinsi Hubei dan kota Wuhan menghadapi tekanan yang semakin meningkat karena tidak kompeten, khususnya setelah kematian seorang dokter di Wuhan yang sempat dihukum karena memicu kekhawatiran dan kewaspadaan soal virus corona baru.

CCTV melaporkan bahwa Wakil Direktur Komisi Kesehatan Nasional China, Wang Hesheng, akan menempati dua jabatan yang ditinggalkan Zhang dan Liu tersebut. Wang baru-baru ini ditunjuk menjadi anggota Komisi Tetap Partai Komunis China untuk Provinsi Hubei.

Pencopotan Zhang dan Liu, serta penunjukan Wang ini menandai pergantian personel terbaru di wilayah yang menjadi pusat wabah virus corona.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Beijing, Chen Yixin, dikirimkan ke Wuhan untuk memandu upaya pengendalian wabah ini. Chen ditunjuk menjadi wakil ketua tim pemerintah yang dikerahkan ke Provinsi Hubei. Dia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Urusan Politik dan Hukum Partai Komunis China.

Beberapa pejabat lainnya di Provinsi Hubei juga diganti, yang salah satunya adalah pejabat Palang Merah kota Wuhan atas tuduhan melalaikan tugas.Hingga kini, wilayah Provinsi Hubei masih diisolasi untuk membatasi penyebaran virus corona. Pekan lalu, Sekretaris Partai Komunis Daerah, Ma Guiqiang, menyebut bahwa para pejabat setempat memperparah penyebaran virus dengan tidak membatasi perjalanan publik sejak awal. Otoritas kota Wuhan juga menuai kritikan karena pada Januari lalu tetap menggelar jamuan makan tahunan untuk 40 ribu keluarga, hanya beberapa hari sebelum kota itu diisolasi total.

Disadur dari Detik.com

Dua Pejabat Kesehatan Paling Senior Pemecatan Hubei Virus Korona Wabah Virus Korona


Loading...