Temuan Patung Itu Sebenarnya Sejak 2013 tapi Saat Itu Baru Satu Patung yang Menyembul

Temuan Patung Itu Sebenarnya Sejak 2013 tapi Saat Itu Baru Satu Patung yang Menyembul
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Selasa, 11 Februari 2020 15:08 WIB

Terasjabar.id - Temuan puluhan patung yang diduga artefak di objek wisata Batu Mahpar, Kampung Tegal Munding, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, ternyata sudah diketahui sejak tahun 2013.

"Sebenarnya pada tahun 2013 sudah diketahui, berbarengan dengan mulai dibangunnya objek wisata ini. Tapi saat itu hanya satu dan tersembul ke permukaan. Selama ini dibiarkan karena lebih fokus ke pembangunan dan penataannya dulu," kata Nais Siti Sya'adah, salah seorang karyawan objek wisata Batu Mahpar, saat ditemui di lokasi, Selasa (11/2/2020).

Seperti diketahui, sebanyak 22 patung berukuran tinggi rata-rata 50 cm ditemukan, saat dilakukan penggalian di lokasi objek wisata, sepanjang hari Minggu (9/2). Patung-patung tersebut berbentuk ganesha, monyet, bayi yang rata-rata sedang duduk meringkuk.

"Penggalian baru difokuskan di dua tempat. Awalnya yang digali adalah yang pertama kali terlihat pada tahun 2013. Tapi saat penggalian agak melebar, ditemukan lagi patung lainnya. Termasuk patung ganesha," ujar Nais.

Patung-patung tersebut kini disimpan berceceran di beberapa lokasi yang aman, namun mudah diakses pengunjung. "Bisa dilihat langsung pengunjung.

Tapi kami awasi, agar tidak dirusak oleh tangan-tangan jahil. Rencananya seluruh patung akan disimpan di museum yang tengah dibangun di lokasi obyek wisata," ujar Nais.

Objek wisata Batu Mahpar sendiri saat ini sudah dikenal dan banyak pengunjung setiap hari libur.

Selain menyuguhkan hamparan batu di sungai, juga di lokasi obyek wisata alam ini tersaji sejumlah destinasi buatan yang menarik berupa taman-taman serta obyek untuk berswafoto. Ada pula wisata kuliner serta kolam renang.

Tak terlalu sulit untuk mencapai obyek wisata yang terletak di gugusan kaki Gunung Galunggung ini. Dari pusat kota Singaparna mengambil arah menuju kota Kecamatan Leuwisari.

Dari situ tinggal mengikuti petunjuk arah yang tertera di setiap persimpangan jalan.(Tribunjabar.id)




Batu Sumedang Patung wisata Batu Mahpar Kampung Tegal Munding


Loading...