Tekan Wabah Hepatitis, Disdik OKU Imbau Pelajar Tak Jajan Sembarangan

Tekan Wabah Hepatitis, Disdik OKU Imbau Pelajar Tak Jajan Sembarangan
Pesien hepatitis (Antara)
Editor: Admin Hot News —Selasa, 11 Februari 2020 07:54 WIB

Terasjabar.id -  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) masih berusaha untuk menekan wabah hepatitis. Salah satunya dengan mengimbau agar para pelajar di OKU tidak jajan sembarangan.

Hal ini dilakukan karena kebanyakan penderita hepatitis di OKU merupakan pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Karena penyakit hepatitis ini mudah sekali menular melalui jajanan yang tidak steril yang dijual di sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan OKU, Teddy Melwansyah, yang dikutip dari Inews.id, Senin (10/2/2020).

Teddy meminta kepada seluruh pihak sekolah untuk mengawasi siswa masing-masing supaya tidak jajan sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit hepatitis.

"Yang terpenting pihak sekolah harus memperhatikan dan menjaga kebersihan kantin sekolah," kata dia.

Selain itu, Teddy juga meminta agar para siswa membiasakan diri membawa bekal dari rumah agar tidak bersama-sama makan atau minum dari alat makan yang sama dengan penderita.

"Kita minta siswa membiasakan membawa minuman atau makanan dari rumah dan cuci tangan sebelum makan agar tidak tertular penyakit yang menular," tegasnya.

Lebih lanjut Teddy menuturkan, Dinas Pendidikan akan bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk upaya pencegahan penularan hepatitis pada anak-anak usia sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP.

"Mudah-mudahan upaya ini dapat menekan angka penderita penyakit hepatitis di kalangan pelajar di Kabupaten OKU," kata dia.

Tekan Wabah Hepatitis Disdik OKU Imbau Pelajar Tak Jajan Sembarangan


Loading...