Badai Ciara Membuat Ratusan Penerbangan dan Perjalanan Kereta di Eropa Barat Dibatalkan

Badai Ciara Membuat Ratusan Penerbangan dan Perjalanan Kereta di Eropa Barat Dibatalkan
(Dunia Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 10 Februari 2020 17:05 WIB

Terasjabar.id - Ratusan penerbangan dan perjalanan kereta di Eropa barat dibatalkan, Senin (10/2/2020), akibat terjangan Badai Ciara yang menerjang sejak Minggu.

Angin kencang menerjang Prancis, Inggris, Irlandia, dan negara lain memutuskan pasokan listrik untuk ratusan ribu rumah.

Sebagian wilayah di utara Prancis dalam kondisi siaga 'Oranye' dan 130.000 rumah mengalami pemadaman listrik.

Badai Ciara menuju selatan melalui Prancis pada Senin. Perusahaan listrik Enedis melaporkan, aliran listrik dari Brittany ke arah barat dan timur padam.

Badan Meteorologi Prancis Meteo-France mencatat kecepatan angin mencapai 130 kilometer per jam di sepanjang garis pantai dan bisa meningkat menjadi 200 kilometer per jam. Kecepatan angin itu cukup untuk menumbangkan pepohonan dan tiang listrik serta merobek atap rumah di 31 lokasi.

Di Inggris, badai menyebabkan banjir di utara pada Minggu. Kantor meteorologi setempat memperingatkan dampak badai masih akan ada yakni hujan air dan salju meskipun sudah melintas.

"Setelah Badai Ciara menghilang, itu bukan berarti kami memasuki periode cuaca lebih tenang," kata ahli meteorologi Met Office, Alex Burkill, dikutip dari AFP.

Perjalanan transportasi terganggu di seluruh Inggris. Penerbangan serta perjalanan kereta dan penyeberangan kapal feri dibatalkan atau ditunda.

Kecepatan angin tertinggi yang tercatat di Inggris adalah 150 kilometer per jam yakni di Welsh, barat laut Aberdaron. Hingga Minggu malam, sekitar 62.000 rumah tak mendapat aliran listrik.

Di Jerman, beberapa orang mengalami luka, tiga di antaranya dalam kondisi serius. Dua perempuan terluka parah akibat tertimpa pohon tumbang di Saarbruecken, perbatasan Prancis. Satu dari mereka dalam kondisi kritis.

Satu korban lagi berada di Paderborn, yakni remaja 16 tahun yang kepalanya tertimpa cabang pohon yang jatuh.

Prakirawan cuaca mengatakan angin dengan kecepatan 170 kilometer per jam melanda daerah pegunungan.

Operator kereta negara Deutsche Bahn (DB) menghentikan opeasional pada Minggu malam dan memperingatkan akan ada lebih banyak gangguan seiring pergerakan badai ke arah selatan. Ratusan penerbangan juga dibatalkan di bandara terbesar, yakni 190 di Frankfurt dan 420 di Munich. Disadur dari iNews.id

Badai Ciara Eropa Barat Ratusan Penerbangan dan Perjalanan Kereta Dibatalkan


Loading...