Gempa Bumi 4,8 Magnitudo Guncang Pandeglang Banten, BMKG: Belum Ada Gempa Susulan

Gempa Bumi 4,8 Magnitudo Guncang Pandeglang Banten, BMKG: Belum Ada Gempa Susulan
GEMPA bumi di Pandeglang, Banten pada Senin 10 Februari 2020.* /BMKG
Editor: Admin Hot News —Senin, 10 Februari 2020 13:47 WIB

Terasjabar.id -  Hari ini Senin, 10 Februari 2020, pada pukul 12:22:55 WIB, Wilayah Pandenglang, Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik.

Dikutip dari Pikiran-rakyat.com, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=4.8 (4,8 Magnitudo) dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.81 LS - 105.32 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 103 km Barat Daya Pandeglang, Banten dengan kedalaman 5 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi Dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Malingping dengan Skala Intensitas II MMI.

Di Cijaku dengan Skala Intensitas II MMI, Di Banjarsari dengan Skala Intensitas II MMI, Di Binuangeun dengan Skala Intensitas III MMI, Di Panggarangan dengan Skala Intensitas III MMI, Di Cihara dengan Skala Intensitas III MMI, Di Anyer dengan Skala Intensitas II - III MMI dan Pandeglang II MMI.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 13:03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Melalui keterangan tertulisnya, Hendro Nugroho, ST, M.Si, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, menyampaikan kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Pastikan informasi resmi gempa bumi dengan skala magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website BMKG.

Gempa Bumi 4 8 Magnitudo Guncang Pandeglang Banten BMKG: Belum Ada Gempa Susulan


Loading...