Arsitek RS Khusus Virus Korona di China Ternyata Kelahiran Jember

Arsitek RS Khusus Virus Korona di China Ternyata Kelahiran Jember
Prof Huang Xiqui arsitek yang merancang rumah sakit virus korona, Huoshenshan di Wuhan, China, ternyata kelahiran Indonesia. (Foto : kolase/sindonews)
Editor: Malda Teras Viral —Minggu, 9 Februari 2020 15:00 WIB

Terasjabar.id – Wabah virus korona membuat China bekerja keras untuk mewabahnya. China pun membuat Rumah Sakit Houshenshan di Wuhan, Hubei, China, sebagai pusat dari epidemi virus korona.

Pembangunan rumah sakit itu menggegerkan dunia. Pasalnya, pembangunan rumah sakit dengan fasilitas 1.000 tempat tidur itu hanya memakan waktu 10.

Ternyata, ada sosok kelahiran Indonesia di balik keberhasilan China membangun rumah sakit itu. Arsitek Rumah Sakit Houshenshan adalah Prof Huang Xiqui, yang merupakan kelahiran Jember, Jawa Timur, 79 tahun lalu.

Kabar ini dibenarkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.


Rumah Sakit Huoshenshan khusus pasien virus korona di wuhan china news

"Prof Huang lahir di Indonesia dan dibesarkan di China. Ia mengaku sangat menghargai arsitektur, terutama dalam bidang arsitektur medis," kata Chunying, dalam mengutip Sindonews, Minggu (9/2/2020).

Sumbangsih Huang Xiqiu pun dalam membantu pemerintah China memerangi wabah penyakit tidak hanya kali ini saja. "Ia telah membuat kontribusi penting untuk pertempuran kita melawan SARS dan epidemi ini," ucap Chunying.

Chunying yaki jika Huang Xiqiu memiliki kenangan indah tentang Indonesia, yang merupakan tempat kelahirannya. "Kami berharap persahabatan China-Indonesia akan semakin dalam dan memberikan hasil yang lebih bermanfaat," tuturnya.

(erh/Okezone)

Virus China SARS Corona AS Gejala Virus Corona Wuhan Rumah Sakit Arsitek Indonesia Jember


Loading...