Lampaui Keganasan 'Saudara Tua' SARS Dan MERS, Virus Corona Tewaskan 813 Orang

Lampaui Keganasan 'Saudara Tua' SARS Dan MERS, Virus Corona Tewaskan 813 Orang
Editor: S.N.A Teras Health —Minggu, 9 Februari 2020 14:59 WIB

Terasjabar.id - Wabah virus Corona masih menjadi pembahasan panas sejak merebak pada akhir tahun 2019. Virus ini menuai perhatian banyak pihak karena keganasannya dalam menginfeksi, mengingatkan publik pada wabah SARS dan MERS yang sempat merajalela beberapa tahun silam.

Anggapan itu pun tak sepenuhnya salah, sebab virus Corona jenis baru yang sedang mewabah ini merupakan "kerabat dekat" penyebab SARS dan MERS. Ketiga penyakit ini berasal dari virus yang sama, hanya saja patogen penyebab infeksi kali ini dinilai lebih ganas, terbukti dari penyebaran yang cepat serta sulitnya menemukan vaksin penangkal.

"Sepak terjang" virus novel Corona, demikian biasa patogen ini disebut, pun semakin tak terbendung. Laporan teranyar oleh otoritas terkait menyebut sebanyak 37.554 kasus infeksi virus Corona telah dikonfirmasi dari berbagai penjuru dunia. Sebanyak lebih dari 6 ribu diantaranya berada dalam kondisi kritis.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga melaporkan sebanyak 813 pasien telah dinyatakan meninggal akibat terinfeksi virus Corona. Sementara itu sebanyak 2.685 pasien terinfeksi virus Corona dinyatakan sudah sembuh. Data ini dihimpun hingga Sabtu (8/2) pukul 16.59 WIB.

Jumlah korban jiwa yang ditimbulkan akibat infeksi virus Corona ini tak pelak menarik perhatian banyak pihak. Dengan jumlah korban jiwa sampai 813 orang, angka ini diketahui jauh melampaui korban yang ditimbulkan dari wabah penyakit SARS pada 2003 silam. Sebagai pembanding, wabah SARS pada 2003 lalu menyebabkan sebanyak 774 pasien meninggal dunia.

Sebelumnya "rekor" SARS sudah sempat dipatahkan pula oleh wabah virus Corona. Pada 30 Januari 2020 silam, otoritas berwenang menyatakan sebanyak 9.356 orang terinfeksi virus Corona, lebih banyak daripada SARS yang menginfeksi 8.098 orang.

Tak hanya itu, keganasan virus Corona juga diramalkan bakal melampaui rekam medis MERS. Wabah MERS pada 2012 lalu diketahui menyebabkan 858 orang dari berbagai penjuru dunia meninggal.

Indonesia sendiri terus mengusahakan berbagai upaya agar tetap terlindungi dari wabah tersebut. Apalagi diketahui sampai sekarang belum ada satu kasus infeksi virus Corona yang dikonfirmasi oleh pemerintah Indonesia.

Termasuk diantaranya yang mengusahakan adalah seorang paranormal asal Surabaya, Jawa Timur bernama Ki Sabdo Jagad Royo. Ahli spiritual itu mengaku sudah menemukan obat berbahan kimia untuk menangkal virus Corona.

"Ki Sabdo Jagad Royo (Sudah punya obatnya namanya Wu Corn) mampu menyembuhkan dan mengusir virus Corona yang sedang mengganggu dunia saat ini. Dan apa yang Ki Sabdo Jagad Royo sampaikan tersebut di atas bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ungkapnya dalam sebuah surat bermaterai.

SARS Dan MERS Virus Corona


Loading...