196 Orang Warga Desa Pangadegan Keracunan, Usai Makan Tumpeng Di Acara Syukuran

196 Orang Warga Desa Pangadegan Keracunan, Usai Makan Tumpeng Di Acara Syukuran
(Suara Merdeka : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Februari 2020 10:43 WIB

Terasjabar.id - Setelah menyantap tumpeng di sebuah acara syukuran tujuh bulanan seorang warga, 196 orang di Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, keracunan makanan, Sabtu (8/2/2020).

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, keracunan massal tersebut berawal saat warga memakan nasi tumpeng pada acara selamatan tujuh bulanan di rumah salah satu warga, Jumat (7/2/2020).

"Pada hari Jumat ada selamatan tujuh bulanan di rumah warga dengan makan makanan tumpeng. Pagi harinya, Sabtu, ada beberapa warga mulai mengalami diare," kata Husein melalui pesan singkat, Minggu (9/2/2020).

Hingga Sabtu malam tercatat ada 160 orang menjalani rawat jalan dan 36 orang lainnya menjalani rawat inap di puskesmas dan rumah sakit.

Warga yang dirawat inap masing-masing di Puskesmas Wangon 18 orang, Puskesmas Jatilawang 8 orang, RSUD Ajibarang 6 orang, dan Rumah Sakit An Nikmah 4 orang.

Husein mengatakan, awalnya pada Sabtu siang terdata 20 orang yang diare.

Sebanyak tujuh orang langsung dirawat dan diinfus di Puskesmas Wangon 1.

Namun setelah didata, jumlah korban terus bertambah.

"Sebagian besar hanya rawat jalan, yaitu di polindes 90 orang, klinik swasta 14 orang, dan Puskesmas Wangon 56 orang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Husein. Disadur dari (Kompas.com/Fadlan Mukhtar Zain)

Tumpeng Acara Syukuran Keracunan Massal


Loading...