Terus Pantau WNI di Kapal Pesiar Jepang, 'Mereka Tenang Selama Karantina' Tutur Kemlu

Terus Pantau WNI di Kapal Pesiar Jepang, 'Mereka Tenang Selama Karantina' Tutur Kemlu
(CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 9 Februari 2020 09:01 WIB

Terasabar.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus memantau kondisi 78 WNI yang ada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina pemerintah Jepang karena virus corona. Kemlu menyatakan para WNI itu tetap tenang dan tidak panik selama masa karantina.

"KBRI terus menjalin komunikasi dengan para kru WNI. Mereka tetap tenang selama masa karantina," kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha saat dihubungi, Sabtu (8/2/2020) malam.

Judha mengatakan tidak ada WNI yang terinfeksi virus corona di kapal pesiar tersebut sejauh ini. Setelah masa karantina 14 hari selesai dan para WNI itu dinyatakan sehat, Judha mengatakan pihaknya siap membantu jika para WNI itu ingin pulang ke Indonesia.

"Setelah masa karantina selesai dan dinyatakan sehat, maka pada dasarnya mereka bebas bergerak baik untuk meneruskan bekerja di kapal atau kembali ke Indonesia. Kemlu dan KBRI Tokyo siap membantu jika diperlukan," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan para WNI yang dikarantina di kapal pesiar itu berada dalam kondisi baik. Faizasyah menyebut pihaknya terus berkomunikasi dengan otoritas Jepang untuk mengetahui perkembangan kondisi 78 WNI tersebut.

Sebelumnya diberitakan, ada 78 warga negara Indonesia (WNI) di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina pemerintah Jepang karena virus corona. Kementerian Luar Negeri RI memastikan seluruhnya sehat."Kondisi mereka baik. Komunikasi pihak otoritas Jepang dengan kedutaan kita di Tokyo berjalan baik sehingga kita mengetahui kondisi WNI kita," kata Faizasyah.

"Terdapat 78 kru WNI yang bekerja dalam kapal Diamond Princess. Keseluruhan WNI tersebut saat ini dalam keadaan sehat. KBRI juga telah menjalin komunikasi dengan para kru WNI untuk memantau kondisi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan," kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha saat dimintai konfirmasi, Sabtu (8/2). Disadur dari Detik.com

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Kementerian Luar Negeri WNI Kapal Pesiar


Loading...