Diisukan Sengaja Jebak PSK, Andre Rosiade Kini Terancam Pidana

Diisukan Sengaja Jebak PSK, Andre Rosiade Kini Terancam Pidana
Editor: S.N.A Hot News —Sabtu, 8 Februari 2020 15:49 WIB

Terasjabar.id - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade tengah menjadi sorotan publik beberapa waktu belakangan. Pasalnya Andre diketahui menggerebek praktik prostitusi online di Padang, Sumatera Barat yang belakangan viral karena dianggap penjebakan semata.

Menanggapi heboh kasus tersebut, pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Ficar Hadjar ikut angkat bicara. Menurut Ficar, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Gerindra Sumbar itu dapat diproses hukum apabila benar terbukti menjebat PSK berinisial N tersebut.

Menurut Ficar, Andre bisa dijerat dengan pasal penyertaan. Berikut penjelasan lengkap dari Ficar.

"Bagi penjebak yang memberi fasilitas hotel bisa dikenakan penyertaan, melakukan tindak pidana sebagai muncikari (dikenai) Pasal 296 juncto Pasal 55 KUHP " jelas Ficar, Jumat (7/2). "Atau pembantuan memberi fasilitas Pasal 56 KUHP, membantu terjadi tindak pidana."

Lebih lanjut, jelas Ficar, dalam perkara tindak pidana asusila seperti prostitusi, hanya muncikari lah yang dapat dijerat hukum. "Sedangkan PSK dan pengguna tidak terjangkau atau tidak dapat dihukum berdasarkan KUHP," kata Ficar, Sabtu (8/2).

Namun demikian, pernyataan Ficar belum bisa dibuktikan lantaran saat ini proses hukum atas praktik prostitusi online itu masih bergulir. Namun baru-baru ini kasus tersebut semakin panas lantaran Andre "menyeret" Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dilansir dari Wowkeren.com, Andre berpandangan bahwa "serangan" yang diarahkan kepadanya berasal dari para pendukung Ahok. Sebab kasus ini baru ramai beberapa waktu belakangan, tepatnya setelah ia mengkritik Ahok sebagai komisaris rasa direktur utama.

"Penggrebekan 26 Jan, sy mulai diserang 4 Feb, setelah mengkritik Ahok Komisaris rasa Dirut di 3 Feb. Dan kalo diperhatikan yg menyerang adalah akun2 yg diduga pendukung yg bersangkutan," tulisnya pada Jumat (7/2).

Sayangnya cuitan Andre ini gagal meraih simpati masyarakat dan justru berbuah berbagai kritikan lebih lanjut. PDI Perjuangan pun ikut pasang badan atas tuduhan yang dilayangkan Andre tersebut.

Diisukan Sengaja Jebak PSK Andre Rosiade Kini Terancam Pidana


Loading...