DKI Jakarta Kembali Dilanda Banjir, ini yang Dikatakan Gubernur DKI Jakarta

DKI Jakarta Kembali Dilanda Banjir, ini yang Dikatakan Gubernur DKI Jakarta
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 8 Februari 2020 13:49 WIB

Terasjabar.id - Hampir semua wilayah DKI Jakarta terendam banjir usai diguyur hujan deras sejak Jumat, 7 Januari 2020 hingga Sabtu (8/2/2020) pagi. Ketinggian air di beberapa wilayah rata-rata mencapai 50 sentimeter (cm).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak Jumat sore sudah menyiagakan semua jajaran terkait. Curah hujan yang tinggi di kawasan hulu, menurut dia, terlihat dari ketinggian air di Bendung Katulampa di Bogor.

"Mulai pukul 16.00 WIB ketinggian meningkat terus dan mencapai puncaknya pada pukul 22.00 (Siaga 3/Waspada) Seluruh jajaran mengabarkan ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai untuk bersiaga," katanya seperti dikutip dari akun instagramnya, @aniesbaswedan.⁣

Anies mengatakan, Tim UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI sejak tengah malam sudah berjaga dengan semua alat berat untuk membersihkan "debris" yang terbawa aliran sungai masuk ke Jakarta dan ditahan di Pintu Air Manggarai.

"Pada pukul 3 pagi, alat berat mulai bekerja menindahkan debris dari badan sungai ke truk-truk. Dalam waktu 5 jam saja terangkut sekitar 200 ton sampah (25 truk)," ujarnya. ⁣

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Instagram)

⁣Di Pintu Air Manggarai, Anies memaparkan, ketinggian normal pada musim hujan mencapai 600. Kiriman air yang terjadi pada Sabtu dini hari, membuat ketinggian di Pintu Air Manggarai terus meningkat hingga di angka 925 (naik 3,25 m) dengan status siaga 2.

Ketinggian itu tercatat pukul 08.00 WIB dan pukul 09.00 WIB turun hingga 895 dan terus menerus surut. "Kawasan hulu dan sisi timur laut Jakarta pagi tadi mengalami hujan tinggi dan ekstrem, mencapai 244,2mm/hari (Jakarta) dan 130mm/hari (Bogor). Semua masih tetap bersiaga," katanya. ⁣

Anies mengungkapkan, saat ini semua pintu air dikendalikan sembari memonitor ketinggian permukaan air laut. Begitu permukaan air laut mulai surut, diperkirakan pukul 10-11.00 WIB, maka semua pintu air dapat dibuka maksimal sehingga air di semua wilayah yang terendam dapat cepat surut.

"Apresiasi pada semua petugas yang bekerja non-stop sejak kemarin sore hingga saat ini!⁣" ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini.

Disadur dari iNews.id

Banjir Hujan Deras DKI Jakarta Anies Baswedan


Loading...