Presiden China Meminta Donald Trump Merespon Wabah Virus Korona Secara Wajar

Presiden China Meminta Donald Trump Merespon Wabah Virus Korona Secara Wajar
(Gatra : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 7 Februari 2020 14:49 WIB

Terasjabar.id - Presiden China Xi Jinping membahas wabah virus corona dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dalam percakapan telepon itu, Xi meminta AS untuk merespons "secara wajar" terhadap epidemi tersebut.

Media pemerintah China, CCTV seperti dilansir AFP, Jumat (7/2/2020), melaporkan bahwa Xi mengatakan kepada Trump bahwa China "sepenuhnya yakin dan mampu mengalahkan epidemi ini".

Dalam percakapan via telepon itu, Xi menyebut perang melawan virus corona sebagai "perang rakyat" dan mengatakan pada Trump bahwa China telah mengimplementasi "mobilisasi nasional, pengerahan komprehensif dan respons cepat beserta langkah-langkah pencegahan dan pengendalian paling ketat terhadap virus tersebut".

"Kedua pemimpin setuju untuk melanjutkan komunikasi ekstensif dan kerja sama antara kedua pihak," imbuh Gedung Putih.

Xi juga meminta AS untuk bertindak secara wajar dalam responsnya terhadap wabah virus corona.
Sejauh ini sudah 637 orang meninggal akibat wabah virus corona di wilayah China daratan, Hong Kong dan Filipina. Jumlah orang yang terinfeksi virus corona saat ini melebihi 31 ribu orang.

Sementara itu, Gedung Putih menyatakan bahwa selama percakapan dengan Xi, Trump menyampaikan keyakinannya akan kemampuan China dalam menanggulangi wabah virus corona.

"(Trump) Menyampaikan keyakinan pada kekuatan dan kegigihan China dalam menghadapi tantangan wabah novel coronavirus 2019," kata Gedung Putih dalam sebuah statemen.


Gedung Putih juga menyampaikan bahwa Trump dan Xi juga membahas "pencapaian luar biasa dari Kesepakatan Dagang Fase Pertama AS-China dan mempertegas komitmen mereka untuk implementasinya." Disadur dari Detik.com

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Presiden China Presiden Amerika


Loading...