Impor dari China Dihentikan, Harga Bawang Putih di Pasaran Melonjak Drastis

Impor dari China Dihentikan, Harga Bawang Putih di Pasaran Melonjak Drastis
Editor: Admin Teras Cimahi —Jumat, 7 Februari 2020 12:10 WIB

Terasjabar.id - Harga jual bawang putih dan bawang bombay di pasar tradisional Kota Cimahi mengalami lonjakan drastis sejak beberapa hari terakhir. 

Saat ini, harga jual bawang putih di Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi mencapai Rp 60 ribu perkilogram dari harga jual normal Rp 28 ribu perkilogram. Sedangkan harga bawang bombay saat ini mencapai Rp 35 ribu perkilogram dari harga normal Rp 18 ribu perkilogram. 

Menurut Wiwi (66), kenaikan harga jual bawang putih dan bawang bombay tersebut lantaran dihentikannya impor kedua barang tersebut dari negara China dan Thailand. 

"Naiknya udah hampir seminggu ini. Kemarin dengan kabar katanya impor dari China dihentikan, takut virus corona. Kalau bawang ini kan memang enggak ada yang lokalnya," ujar Wiwi saat ditemui di Pasar Atas Baru, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Jumat (7/2/2020).

Kenaikan harga jual bawang putih khususnya, kemungkinan bakal terus terjadi selama pasokan bawang yang diimpor belum stabil.

"Kemungkinan masih bisa naik lagi, di Jakarta saja sudah hampir Rp 70 ribu perkilogram. Tapi kalau kondisinya memang untuk keamanan, ya harus didukung juga, daripada berbahaya," bebernya. 

Setiap hari, Wiwi hanya membeli bawang dari Pasar Caringin rata-rata 5 kilogram sampai 10 kilogram. Stok tersebut merupakan barang lama yang masih tersisa. 

"Jadi yang dibeli di Pasar Caringin terus saya jual itu bukan hasil penimbunan, tapi stok lama yang masih sisa. Kalau impor masih distop, ya bisa habis nanti stok di pasar induk juga," jelasnya. (SDK)

Impor dari China Dihentikan Harga Bawang Putih di Pasaran Melonjak Drastis Kota Cimahi Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi


Loading...