Perhatikan Cara dan Etika Batuk untuk Menghindari Virus Corona

Perhatikan Cara dan Etika Batuk untuk Menghindari Virus Corona
Ilustrasi Batuk. ©medicalnewstoday.com
Editor: S.N.A Teras Health —Kamis, 6 Februari 2020 19:14 WIB

Terasjabar.id - Virus Corona merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok pada awal tahun 2020 ini. Untuk mencegah agar tidak tertular penyakit ini, ada sejumlah hal yang perlu kita ketahui.

WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih belum memberikan pernyataan pasti tentang penularan virus corona. Jika pun ada, Pulmonologist dari RS EMC Desilia Atikawati mengatakan bahwa perihal masih dugaan, dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) beserta World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk mengganggap hal itu sebagai airborne desease.

“Jadi penyakit virus corona yang bisa ditularkan lewat udara. Artinya lewat batuk, bersin, termasuk habis bersin megang sesuatu, dan orang lain 'memegang' itu, dianggap masih seperti itu,” jelas Desi.

Untuk setidaknya dapat menghindari virus corona, Desi menjelaskan mengenai etika batuk.

“Jika seseorang mengalami keluhan batuk, atau bersin, pertama gunakan masker," katanya.

Direkomendasikan pula untuk menggunakan masker yang disposable (masker pernapasan, bukan masker bedah). Apabila batuk, tutup area mulut dengan telapak tangan, setelahnya cuci tangan dengan sabun cair minimal 40 detik. Jika menggunakan tisu, bisa langsung dibuang, dan jangan dibawa-bawa dan digunakan kembali.

Atau juga bisa saat batuk atau bersin ditutup dengan lengan bagian dalam itu juga bisa, kemudian lakukan cuci tangan sesering mungkin, itu yang bisa membantu, ucap Desi.

Dilansir dari Merdeka.com, Ahli Mikrobiologi LIPI Sugiyono Saputra, yang saat itu sedang berada bersama dengan Desi menambahkan untuk tidak menggunakan sapu tangan saat sedang bersin atau batuk.

Iya, karena kan kalo sapu tangan bisa dipakai lagi, disimpan, kata Desi, menanggapi Sugi.

Cuci Tangan

Ditemui dilain kesempatan, Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Daerah di Pasar Minggu, Sri Dhuny Atas Asri menganjurkan masyarakat untuk hidup dan berperilaku sehat agar tidak terkena virus corona.

Dokter Dhuny menjelaskan langkah mencuci tangan yang tepat agar terhindar dari virus corona.

"Ada 6 langkah cuci tangan yang dianjurkan. Ada kata kuncinya yang mudah untuk diingat, yaitu Tepung Selaci Puput (Telapak, punggung tangan, sela-sela jari, mengunci jari, putar ibu jari, dan putar telapak tangan," kata Sri

Selain itu, dia juga mengatakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau hand sanitizer. Setelah melakukan 6 langkah di atas, keringkan tangan.

Sri juga mengejaskan karena virus corona dengan mudah dapat menginfeksi seseorang dari mulut, hidung, dan mata, dia meminta untuk jangan lupa mencuci tangan sebelum menyentuh area itu.

Perhatikan Cara dan Etika Batuk untuk Menghindari Virus Corona


Loading...