Ini Hasil Rapat Anies Baswedan Dan Pusat Prihal Revitalisasi Monas, Apakah Bakal Dilanjut?

Ini Hasil Rapat Anies Baswedan Dan Pusat Prihal Revitalisasi Monas, Apakah  Bakal Dilanjut?
Editor: S.N.A Hot News —Kamis, 6 Februari 2020 17:19 WIB

Terasjabar.id - Masalah revitalisasi Monas yang sempat membuat geger sejumlah pihak akhirnya menemui solusi. Pasca dihentikan sementara lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dituding tak mengantongi izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, akhirnya proyek akan kembali dilanjutkan

Namun demikian belum tahu kapan proyek ini akan dilanjutkan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya menyatakan bahwa pihaknya dan Komisi Pengarah sepakat untuk tidak dulu melanjutkan proyek bernilai miliaran rupiah itu.

Anies menyebut diperlukan sejumlah penyesuaian dengan hasil rapat Komisi Pengarah sebelum melanjutkan kembali proyek tersebut. Penyesuaian itu mencakup kesesuaian antara gambar rencana proyek revitalisasi dengan ketentuan Keppres Nomor 25 Tahun 2015.

"Sekarang belum dilanjutkan. Sesudah besok kita akan kirimkan sesuai dengan kesepakatan tadi," jelas Anies usai mengikuti rapat di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Rabu (5/2).

"Kan itu gambaran dulu, harus dibentuk dalam bentuk gambar kan," imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, dikutip dari Wowkeren.com, Kamis (6/2). "Nah gambarnya besok akan dibawa dan ditunjukkan kepada Ketua Komisi Pengarah dan nanti kemudian dijalankan."

Selain soal penundaan kelanjutan proyek, rapat tersebut juga menghasilkan 4 poin lain. Salah satunya soal kawasan selatan Monas yang harus dirancang sebagai area terbuka.

Kedua, penghijauan di kawasan Monas harus kembali dilanjutkan. Sedangkan ketiga, perlu ditambahkan vegetasi di platter box untuk di area-area terbuka Monas supaya lebih rindang.

"Karena kawasan selatan Monas itu sekarang digunakan untuk tempat parkir, di Lapangan IRTI dan Lenggang Jakarta, yang itu semua nanti akan menjadi kawasan hijau," terang Anies. "Yang selama ini terbuka itu justru menjadi hijau."

"Keempat, Pemprov DKI akan segera, atau gubernur dalam hal ini, menggambar secara final untuk kemudian nanti secara simpulan disepakati oleh Komisi Pengarah," pungkas Anies. "Jadi kesimpulan-kesimpulannya seperti itu."

Revitalisasi Monas Anies Baswedan monas


Loading...