Rabu Sore, Kabupaten Sukabumi Diguncang Gempa 4,2 Skala Richer

Rabu Sore, Kabupaten Sukabumi Diguncang Gempa 4,2 Skala Richer
Info grafis gempa bumi 4,2 SR yang mengguncang Kabupaten Sukabumi pada Rabu sore. Foto/BMKG
Editor: Admin Hot News —Rabu, 5 Februari 2020 19:55 WIB

Terasjabar.id -  Setelah Kabupaten Bandung diguncang gempa sebanyak lima kali, kini giliran Kabupaten Sukabumi diguncang gempa. Gempa di Sukabumi terjadi pada pukul 17:49:40 WIB, Tabu (5/2/2020).

Dikutip dari Sindonews.com, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4.2 skala richer dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.33 LS - 106.63 BT. Tepatnya berada di darat pada jarak 39 km tenggara Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 109 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi menengah. Gempa terjadi akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Ciletuh- Palabuhanratu dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam siaran persnya, yang dikutip dari Sindonews.com.

Hingga laporan ini dibuat pukul 18:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Rabu Sore Kabupaten Sukabumi Diguncang Gempa 4 2 Skala Richer


Loading...