Virus Corona Merebak, Atlet Bulu Tangkis China Bakal Dilarang Bermain

Virus Corona Merebak, Atlet Bulu Tangkis China Bakal Dilarang Bermain
Bintang Bulu Tangkis China Terancam Gagal Main karena Virus Corona/BWF
Editor: Admin Sport Style —Rabu, 5 Februari 2020 17:13 WIB

Terasjabar.id - Wabah Virus Corona yang sudah membunuh ratusan orang di China membuat para bintang bulu tangkis China terancam tidak bisa bertanding di mancanegara. Nasib mereka terancam setelah muncul Xenophobia terhadap pemain China yang dikhawatirkan akan menularkan Virus Corona saat bertanding di turnamen bulu tangkis dalam kalender Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) musim ini.

Dikutip dari Sindonews.com, situasi itu disoroti oleh pihak BWF yang terus memantau semua perkembangan resmi mengenai wabah Virus Corona di China dan dunia. BWF menyadari sejumlah Negara telah mengeluarkan aturan pembatasan masuk ke wilayah mereka untuk orang-orang dari China dan warga negara asing yang telah mengunjungi China dalam 14 hari terakhir. Selain itu, sejumlah maskapai telah menangguhkan layanan ke dan dari China.

Jika wabah Virus Corona terus mengganas, semua superstar bulu tangkis China seperti Chen Hong, Chen Yu Fei, Lin Dan, Zheng Si Wei, Huang Ya Qiong, Wang Yi Lyu, Huang Dong Ping, Shi Yu Qi, Chen Qing Chen, Jia Yi Fan dan lainnya terancam tidak bisa bermain mengikuti turnamen bulu tangkis di luar negeri. Ini sangat merugikan peluang mereka untuk berburu poin Olimpiade.  

Keadaan ini menciptakan berbagai tantangan dan BWF mencari implikasi dari pembatasan perjalanan ini, yang mungkin berarti para pemain dan ofisial dari Tiongkok tidak akan dapat berpartisipasi dalam beberapa turnamen BWF dengan mudah. BWF ingin memperjelas, bagaimanapun, bahwa itu tidak akan membatasi partisipasi pemain dan pejabat Cina, atau pemain atau pejabat lain, di turnamen bulu tangkis internasional dan Para Bulu Tangkis.

Dalam statement BWF, Atlet China bebas untuk mengikuti pertandingan dan kami percaya tuan rumah turnamen akan memberikan bantuan penuh dan memperlakukan semua atlet dari semua Asosiasi Anggota BWF secara setara.

Kami telah meminta semua Anggota BWF dan tuan rumah untuk menghubungi otoritas kesehatan nasional mereka untuk membuat mereka sadar bahwa para pemain internasional akan tiba di negara mereka dan untuk mencari nasihat tentang pencegahan dan tindakan yang perlu jika terjadi insiden.

Kami juga mengakui bahwa otoritas kesehatan nasional masing-masing Anggota Asosiasi akan memiliki aturan dan prosedur sendiri yang berbeda wilayah ke wilayah. Karena situasi yang berubah dengan cepat, sangat penting bagi kami untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan utama seperti Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA), semua Asosiasi Anggota dan penyelenggara turnamen, serta Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Paralimpiade Internasional.

Komite (IPC) untuk menyelaraskan langkah-langkah global dan regional yang diberlakukan. Ini termasuk mengkomunikasikan sejumlah langkah akal sehat yang didukung oleh IOC yang dapat diterapkan semua host turnamen untuk membantu peserta di acara mereka merasa aman. Sementara itu, semua konvensi dan etika turnamen normal akan tetap berlaku di acara bulu tangkis seperti lemparan koin, berjabat tangan, dan upacara medali.

BWF sedang mempertimbangkan semua risiko kesehatan, keselamatan, dan logistik yang relevan dan akan terus memperbarui seluruh komunitas bulutangkis tentang setiap perkembangan lebih lanjut yang terkait dengan Virus Corona. Sebelumnya, sejumlah turnamen yang digelar di China seperti China Masters ditunda karena Virus Corona. Bahkan, Kejuaraan Asia Bulu Tangkis di Wuhan China juga terancam dipindah tempat penyelenggarannya.  

Virus Corona Merebak Atlet Bulu Tangkis China Bakal Dilarang Bermain BWF


Loading...