Begini Cara Mencuci Tangan yang tepat untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Begini Cara Mencuci Tangan yang tepat untuk Mencegah Penularan Virus Corona
ilustrasi mencuci tangan. www.newsms.fm
Editor: S.N.A Teras Health —Rabu, 5 Februari 2020 16:59 WIB

Terasjabar.id - Untuk mencegah penularan virus corona, penting bagi seseorang melakukan sejumlah tindakan. Hal ini antara lain adalah memakai masker, hindari kontak langsung dengan penderita, makan makanan yang sehat, dan tak lupa untuk menjaga kebersihan tangan.

Selain WHO, banyak juga praktisi kesehatan yang turut menganjurkan masyarakat untuk hidup dan berperilaku sehat agar tidak terkena virus corona, salah satunya Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Sri Dhuny Atas Asri.

Dokter Dhuny itu mengatakan, hal yang tak kalah penting adalah dengan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Dilansir dari Merdeka.com, Dhuny menjelaskan, ada langkah mencuci tangan dengan tepat agar terhindar dari virus corona.

Cara Mencuci Tangan yang Tepat

"Ada 6 langkah cuci tangan yang dianjurkan. Ada kata kuncinya yang mudah untuk diingat, yaitu Tepung Selaci Puput," ucap dokter Sri.

Dijelaskan oleh dokter Sri, Te itu artinya telapak.

"Jadi, yang pertama kali dicuci yaitu telapak tangan." kata dokter spesialis paru itu.

Pung itu artinya punggung tangan yang berarti cuci punggung tangan setelah selesai mencuci telapak tangan.

Sela artinya sela-sela jari, jadi bersihkan sela-sela jari dengan benar sampai tidak ada kotoran yang tertinggal dan biasanya dilakukan sebanyak empat kali.

Ci yang mempunyai arti mengunci jari. Itu maksudnya kunci jari-jari secara bersamaan dengan rapat.

Pu memiliki arti putar-putar ibu jari dan pastikan mencucinya dengan bersih kiri dan kanan.

Put sebagai langkah terakhir yang mana memiliki arti untuk putar-putar telapak tangan.

Ia juga mengatakan untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Setelah selesai melakukan 6 langkah di atas, keringkan tangan.

Cuci tangan sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata

Virus corona ini dapat menular dari manusia ke manusia, seringkali terjadi ketika seseorang berhubungan dengan sekresi orang yang terinfeksi, seperti tetesan batuk, bersin, atau berjabat tangan.

Virus ini juga dapat ditularkan dengan menyentuh sesuatu yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata. Maka dari itu, penting untuk selalu mencuci tangan apalagi sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Begini Cara Mencuci Tangan yang tepat untuk Mencegah Penularan Virus Corona


Loading...