Agar Bisa Dilewati, BPBD Mulai Bersihkan Material Longsor yang Tutup Ruas Jalan KBB menuju Cianjur Selatan

Agar Bisa Dilewati, BPBD Mulai Bersihkan Material Longsor yang Tutup Ruas Jalan KBB menuju Cianjur Selatan
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 5 Februari 2020 16:11 WIB

Terasjabar.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mulai melakukan pembersihan ruas jalan penghubung KBB dengan Cianjur Selatan yang terputus akibat longsor.

Material tanah yang masih menutupi badan jalan di Kampung Cihideung, RT 02/RW 09,  Desa Bunijaya membuat kendaraan tidak bisa melintas sejak Selasa (4/2/2020) sore.

"Sekarang membersihkan meterial longsora yang menutupi badan jalan dengan bergotong royong, target siang ini akses jalan dapat terbuka minimal dapat dilalui kendaran roda 2," ujar Kepala Pelaksana BPBD KBB, Dudi Prabowo, saat dihubungi, Rabu (5/2/2020).

Untuk mengantisipasi potensi longsor susulan, pihaknya juga bakal membuat tanggul penahan tanah sementara dengan menggunakan karung yang dijejerkan.

"Kita usahakan semaksimal mungkin upaya penangan darurat dengan membuat tanggul penahan tanah. Kami juga akan memasang rambu peringatan. Untuk penangan lebih lanjut kami harapkan dukungan alat berat dari Dinas PUPR," jelasnya.

Longsor yang terjadi di Kecamatan Gunung Halu tersebut disebabkan tingginya curah hujan. Longsor tersebut terjadi pada tebing setinggi 7 meter panjang 25 meter.

"Akibat longsor itu juga mengakibatkan badan jalan mengalami penurunan setinggi 2 meter dan retakan 10 meter, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan baik roda 4 maupun roda 2. Selama musim hujan ini masyarakat diimbau waspada akan potensi longsor dan bencana lainnya," tandasnya. (SDK)

Agar Bisa Dilewati BPBD Mulai Bersihkan Material Longsor yang Tutup Ruas Jalan KBB menuju Cianjur Selatan Kabupaten Bandung Barat


Loading...