Ghozali Siregar Jawab Rumor Pindah Menyusul Kedatangan Zulham Zamrun, Mengaku Heran

Ghozali Siregar Jawab Rumor Pindah Menyusul Kedatangan Zulham Zamrun, Mengaku Heran
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot Persib —Rabu, 5 Februari 2020 12:38 WIB

Tersajabar.id - Ghozali Siregar membantah isu dan pemberitaan yang mengatakan bahwa dirinya akan keluar dari Persib Bandung.

Pemain bernomor punggung 77 ini mengaku tidak pernah mengeluarkan pernyataan apapun terkait kepindahannya ke tim lain.

"Yang pertama saya tidak mengeluarkan pernyataan apapun kepada siapapun tentang berita yang beredar sekarang. Intinya saya masih tetap di sini," ujar Ghozali setelah berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (5/2/2020).

Diakui mantan pemain PSM Makassar ini, dirinya tidak merasa terganggu dengan isu kepindahannya.

Namun ia merasa heran karena tiba-tiba muncul berita bahwa dirinya akan keluar dari Persib Bandung.

"Gak, tapi aneh saja tiba-tiba ada keluar statmen seperti itu tanpa konfirmasi," katanya.

Isu yang beredar, Ghozali Siregar akan keluar dari Persib seiring kedatangan Zulham Zamrun.

Hadirnya pemain asal Ternate itu membuat posisi winger kian menumpuk setelah sebelumnya ada Esteban Vizcarra, Frets Butuan, Erwin Ramdani, Febri Hariyadi, dan Ghozali Siregar sendiri.

Ghozali Siregar mengaku siap bersaing untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain.

"Itu kan katanya (penumpukan winger), tidak ada sama sekali tidak ada pernyataan itu yang jadi patokan saya sendiri kalau di luar orang buat berita saya gak tau. Target pribadi kalau bisa saya menit bermain lebih banyak dari pada tahun lalu dan berkontribusi," katanya.

Zulham Diproyeksikan Jadi Striker

Zulham Zamrun tidak diproyeksikan bersaing di sisi sayap di Liga 1 2020. Pelatih Robert Alberts yang sudah mengenal kemampuannya akan menempatkannya sebagai penyerang.

"Saat Zulham Zamrun sudah meminta untuk pergi (dari PSM) dan kami juga dalam kondisi hanya mempunyai tiga striker. Kami mencari penyerang lain dan dia yang tersedia. Kami berbicara dengan Zulham Zamrun dan dia opsi yang bagus. Dia sudah mengenal Bandung dan pernah merasakan kesuksesan di sini. Dia lapar untuk meraih kesuksesan lagi," ucap Robert Alberts, Selasa (4/2/2020).

Pelatih asal Belanda itu mengakui, Zulham Zamrun memang berposisi asli sayap. Tetapi, dia memiliki kemampuan lain yaitu mencetak gol.

"Dia juga striker. Kami sudah punya banyak winger saat ini dan Zulham Zamrun juga bisa bermain di posisi striker. Dia melakukan itu bersama saya di (PSM) Makassar dan dia juga bermain dengan bagus," kata Robert Alberts.

Robert Alberts mengakui memang membutuhkan pemain berkarakter seperti Zulham Zamrun. Dan, ini bukan hanya akan menjadi reuni kecil karena ada target yang diusung keduanya di musim baru nanti.

"Saya juga sudah tahu Zulham Zamrun. Dia mempunyai kualitas, jadi kami sekarang sudah lengkap dalam hal striker pelapis," ujar Robert Alberts.

Senang bisa reuni

Zulham Zamrun di GBLA, Selasa (4/2/2020)
Zulham Zamrun di GBLA, Selasa (4/2/2020) (Tribunjabar/Ferdyan Adhy Nugraha)

Setiap menjelang musim baru, pemain datang dan pergi dari satu tim jamak terjadi. Biasanya, target, strategi, dan selera pelatih menjadi faktor paling dominan perubahan susunan pemain.

Hal yang sama terjadi di Persib Bandung. Pelatih Robert Alberts yang akan menjalani musim keduanya sudah membuat beberapa keputusan penting yang kemudian didukung manajemen.

Langkah Persib Bandung memang terkesan lamban. Baru empat pemain baru yang diumumkan sebagai rekrutan baru.

Tetapi, tak semuanya benar-benar baru. Mereka adalah Victor Igbonefo, Beni Oktovianto, Teja Paku Alam, dan Zulham Zamrun.

Bobotoh tentu sudah tak asing dengan dua dari empat pemain itu. Ya, Igbonefo dan Zulham bukan pertama kali menjadi bagian Persib Bandung.

Igbonefo menjadi bagian tim di Liga 1 2018. Ketika itu, Persib Bandung yang ditangani Mario Gomez finis di posisi empat klasemen akhir.

Untuk Zulham, menjadi bagian Persib Bandung ketika bertarung di Piala Presiden 2015 dan ISC A 2016. Di Piala Presiden 2015, Zulham merasakan gelar.

Bahkan, dia juga berstatus pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak. Dia membukukan enam gol dari tujuh pertandingan.

Tetapi, pemain yang kini berusia 31 tahun itu tak masuk dalam rencana Djadjang Nurdjaman, pelatih Persib Bandung di Liga 1 2017.

Dia dilepas. Dalam kata pamitnya di akkun Instagram pribadi ketika itu, dia menulis, "Keinginan untuk tetap bersama Persib Bandung sangat besar tapi keputusan manajemen lain. Semoga ke depannya bisa bersama‑sama lagi. Amin, hatur nuhun Persib Bandung dan bobotoh," tulisnya.

Doa itu terkabul menjelang Liga 1 2020. Dia diumumkan sebagai pemain baru keempat, kemarin pagi.

Bukan cuma itu, pemain PSM Makassar dalam tiga musim terakhir itu langsung terlihat dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, kemarin.

"Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali lagi ke Persib Bandung. Ini karena saya juga pernah bersama Robert Alberts," ujar Zulham selepas latihan.

Dia memang berkolaborasi dengan Robert di PSM dalam dua musim.

Selain itu, dia juga berterima kasih kepada para pemain Persib Bandung yang sudah menerimanya kembali.

Untuk itu, ia berjanji untuk memberikan permainan terbaik bagi Persib Bandung agar bisa memberikan prestasi terbaik.

Proses perpindahannya ke Persib Bandung tidak berlangsung lama. Semuanya berjalan dalam waktu seminggu.

Pemain asal Ternate, Maluku Utara, ini juga merasa rindu dengan Persib Bandung dan bobotoh sehingga akhirnya kembali ke Bandung.

"Terus mungkin saya masih ingin mendapat gelar lagi dan itu insya Allah di tahun ini mudah‑mudahan dikabulkan ketika bersama Persib Bandung," katanya.

Hadirnya Zulham menambah sesak jumlah pemain di posisi sayap. Sebelumnya sudah ada nama Esteban Vizcarra, Frets Listanto Butuan, Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, dan Ghozali Siregar.

Zulham menyadari harus bersaing untuk mendapat tempat di sana. "Kalau di dalam sepak bola atau dalam satu grup, persaingan tentu sudah pasti ada, otomatis," ujar Zulham.

Dia justru memuji kualitas rekan-rekannya. "Saya hanya ingin berikan yang terbaik, kerja keras, dan saya tunggu kesempatan itu datang," katanya. (TribunJabar.id/Ferdyan Adhy Nugraha/Syarif Pulloh Anwari)



Ghozali Siregar Zulham Zamrun Persib bandung


Loading...