China Sebut 632 Orang Sembuh dari Infeksi Virus Corona

China Sebut 632 Orang Sembuh dari Infeksi Virus Corona
China Sebut 632 Orang Sembuh dari Infeksi Virus Corona Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan sebanyak 632 warga yang terjangkit virus corona berhasil sembuh. (Hector RETAMAL / AFP)
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 4 Februari 2020 15:19 WIB

Terasjabar.id -- Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan sebanyak 632 warga yang terjangkit virus corona berhasil sembuh.

Data itu disampaikan Xiao yang mengutip laporan Komisi Kesehatan Nasional China.

"Sampai pukul 24.00 pada tanggal 3 Februari, Komisi Kesehatan Nasional telah menerima 20.438 laporan kasus yang dikonfirmasi (terjangkit corona), 425 kasus kematian, dan 632 kasus sembuh dan keluar dari rumah sakit," kata dia pada jumpa pers di kediaman resminya di Jakarta, Selasa (4/2).

Xiao menjelaskan ada 33 orang yang dikonfirmasi terjangkit wabah tersebut di area Hong Kong, Macau dan Taiwan. Kasus yang diduga di China daratan mencapai 23.214.

Jumlah pasien sembuh yang tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan kasus kematian dianggap menunjukkan kecenderungan positif dalam upaya melawan virus yang berpusat di Kota Wuhan, Provinsi Hubei itu.

China juga menyebut tingkat penyebaran virus menurun, mencapai 19,65 persen terhitung per 2 Februari lalu, di mana pada 27 Januari angka penyebaran masih berada pada 64,54 persen.

"Virus ini bisa disembuhkan. Pasien ringan secara bertahap akan pulih sekitar satu minggu setelah terinfeksi. Pasien yang agak serius mungkin membutuhkan waktu dua minggu atau lebih," kata Xiao seperti dikutip dari Antara.

Kasus virus corona yang telah dikonfirmasi di negara lain mencapai 150 yang terdiri dari 23 negara, termasuk Jepang, Thailand, Filipina, Singapura, Australia, dan Korea Selatan. Sedangkan asus kematian di luar China, tercatat di Filipina dan Hong Kong.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan situasi darurat atas wabah virus corona.

Menyikapi kondisi itu, Pemerintah China mengaku akan menjunjung transparansi dan tanggung jawab dalam melakukan kerja sama internasional antivirus.

Upaya tersebut, kata Xiao, dilakukan dengan terus memperbaharui informasi perkembangan wabah agar berbagai pihak dapat segera menanggapi virus secara efektif, serta memberikan layanan dan jaminan kepada warga negara asing yang ada di China. (Antara/dea)

Dubes China Virus Corona Korban Sembuh Xiao Qian


Loading...