Ini Alasan KenapaNatuna Jadi Tempat Isolasi WNI dari Wuhan

Ini Alasan KenapaNatuna Jadi Tempat Isolasi WNI dari Wuhan
Garudanews.id
Editor: Malda Teras Viral —Minggu, 2 Februari 2020 15:57 WIB

Terasjabar.id – Natuna, Kepulauan Riau dipilih menjadi tempat isolasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru dievakuasi dari Wuhan, China. Dipilihnya Natuna sebagai tempat isolasi dengan sederet alasan.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan ada beberapa alasan. Pertama, lokasi tersebut jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga, diharapkan apabila ada WNI yang terjangkit virus korona tak akan menyebar ke masyarakat Indonesia lainnya.

“Selain itu, Natuna juga dipilih karena merupakan pangkalan militer dan memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola tiga matra TNI yakni Darat, Laut dan Udara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu 1 Februari 2020.

Ia menyebut, jarak antara landasan pesawat ke rumah sakit yang akan dijadikan tempat isolasi juga sangat dekat, sehingga memudahkan saat proses evakuasi.

“Rumah sakit tersebut mampu menampung hingga 300 pasien. Sedangkan jarak dermaga ke lokasi rumah sakit juga relatif jauh sekitar 5-6 kilometer,” ujarnya.

Ilustrasi

Menurut dia, kesehatan WNI dari Wuhan akan terus diobservasi oleh Kementerian Kesehatan dan instansi terkait. Mereka tak akan diizinkan bertemu sanak keluarga atau kerabatnya asal Indonesia hingga tim medis memvonis tidak terjangkit penyakit mematikan tersebut.

“Lokasi isolasi memenuhi syarat protokol kesehatan sebagai tempat transit sementara sampai WNI dengan dinyatakan bebas, bisa bertemu dengan keluarga,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut, ada 241 WNI yang siap dipulangkan dari Wuhan, China ke Indonesia. Semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdullillah, sampai saat ini 241 WNI yang akan kembali semua dalam kondisi sehat..Dan protokol kesehatan akan terus diterapkan secara disiplin. Bismillah,” tulis Retno dalam akun Instagram resmi pribadinya yang dikutip Okezone, Minggu 2 Februari 2020.

(Ari/Okezone)

Natuna Indonesia Virus Corona Evakuasi China Batik Air Kepulauan Riau


Loading...