Alasan Pemerintah Tunjuk Batik Air Evakuasi WNI Akibat Virus Corona dari China

Alasan Pemerintah Tunjuk Batik Air Evakuasi WNI Akibat Virus Corona dari China
Batik Airlines. ©2013 Merdeka.com/imam buhori
Editor: S.N.A Hot News —Minggu, 2 Februari 2020 10:32 WIB

Terasjabar.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi upaya maskapai Batik Air yang mendukung upaya evakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, China usai meluasnya dampak virus corona. Evakuasi juga tengah dilakukan oleh sejumlah negara lain terhadap warga negaranya yang kini masih berada di China, khususnya di Wuhan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan penunjukan Batik Air sebagai operator yang akan mengangkut WNI dari Hubei karena memiliki izin penerbangan rute regular dari Indonesia ke Wuhan. Dari Indonesia, maskapai yang memiliki izin rute reguler ke Wuhan hanya Sriwijaya dan Lion Grup.

Selain itu, misi evakuasi ini akan mengikutsertakan 245 orang WNI termasuk crew pesawat dan tim kesehatan dengan sekali penerbangan. Oleh karenanya, dibutuhkan operator yang memiliki pesawat wide body dengan kapasitas sesuai kebutuhan.

Batik Air yang menjadi operator pengangkut juga telah dilengkapi fasilitas Cabin Air Filter yang berfungsi untuk menyaring virus tertentu di dalam pesawat, termasuk virus Corona. "Crew juga akan dilengkapi dengan pakaian pelindung yang telah disiapkan oleh lembaga terkait," ujar Novie lewat keterangannya, Minggu (2/2).

Evakuasi WNI dari Hubei merupakan misi kemanusiaan. Dia pun mengapresiasi berbagai pihak yang telah ikut mendukung terlaksananya misi tersebut, khususnya kepada maskapai Lion Group.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memberikan dukungan maksimal terhadap pelaksanaan misi dengan memastikan ketersediaan armada pesawat pengangkut WNI dari Hubei," kata Novie.

Novie menjelaskan, organisasi kesehatan dunia, WHO, dan organisasi penerbangan internasional, ICAO, kini telah menetapkan penyebaran virus Corona (2019-nCoV) sebagai global epidemic.

243 WNI di Wuhan Bakal Dievakuasi

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengatakan 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini berada di Wuhan, China akan dievakuasi menggunakan pesawat satu kali angkut. Evakuasi WNI ini menyusul wabah virus corona di Wuhan.

"Satu pesawat yang bisa menampung sekaligus di atas 300 orang," kata Faizasyah saat dihubungi Liputan6.com.

Dilansir dari Merdeka.com, Dia tak mau menyebutkan maskapai penerbangan apa yang akan disewa untuk menjemput para WNI yang kini terisolasi di Wuhan. Namun, pihak Lion Air Group telah membenarkan Batik Air A330 disiapkan untuk membantu evakuasi WNI di Wuhan hari ini.

Menurut Faizasyah, setibanya di Tanah Air, para WNI akan terlebih dahulu menjalani karantina di Batam. Hal itu agar terbebas dari virus corona yang telah menewaskan ratusan orang itu.

"Soal di mana akan diinapkan sebelum pulang ke daerah asal, sebaiknya consult (konsultasi) Kementerian Kesehatan," jelasnya.

Alasan Pemerintah Tunjuk Batik Air Evakuasi WNI Akibat Virus Corona dari China


Loading...