Kelurahan Padasuka Jadikan Tempat Monitoring dan Evaluasi Siskamling Wilayah Kec Cimahi Tengah

Kelurahan Padasuka Jadikan Tempat Monitoring dan Evaluasi Siskamling Wilayah Kec Cimahi Tengah
Foto bersama tim monitoring dan evaluasi siskamling Kec. Cimahi Tengah. Foto/Tim Redaksi.
Editor: Admin Teras Cimahi —Sabtu, 1 Februari 2020 12:48 WIB

Terasjabar.id – Camat Cimahi Tengah membuka acara monitoring dan evaluasi Siskamling wilayah Kec Cimahi Tengah pada malam hari, dimulai dari jam 20.00-selesai, dihadiri Kapolsek Cimahi, Babinkantibnas, Danramil beserta jajarannya di wilayah Cimahi, juga dihadiri pula Lurah Padasuka, Rw 18 jajarannya, tokoh agama, tokoh pemuda, Ibu PKK, di ruang Pertemuan RW 18, Kelurahan Padasuka Cimahi Tengah, Jumat (31/1/2020).

Dalam pembukaan tersebut Camat Cimahi tengah mengatakan perlunya peningkatan Siskamling, sehubungan dengan rawannya kriminalitas di wilayah Cimahi.

Warga yang hadir duduk santai walau ditikar tapi serius dan semangat mendengar arahan tim monev Kec. Cimahi Tengah. Foto/Tim Redaksi.


Dikatakan pula oleh Danramil Cimahi, Mayor Wastra, “Mengetahui setiap kejadian apa betul-betul terjadi atau tidak, jangan langsung disebarkan karena nanti kena cyber crime, itu akan berakibat fatal untuk kita semua “

“Selalu waspada dan peka terhadap lingkungannya, khususnya warga-warga yang baru tiba, mungkin banyak kontrakan-kontrakan baru, agar semuanya terdata oleh Rw, RT maupun Linmas. Ada juga yang mengabaikan, dan tidak melapor Rt dan Rw setempat”, katanya.

Saat berkeliling meninjau pos ronda. Foto/Tim Redaksi.


“Sebagai Rt dan Rw juga boleh menegur, mengontrol kegiatan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Mungkin karena dia orang baru , trus tidak pernah melapor ,akhirnya ada kegiatan di luar dugaan. Mungkin dia seorang buronan atau DPO itu yang harus kita waspadai. Maka tugas kita adalah mengawasi dan memonitor perkembangan situasi di wilayah kita”,  ujarnya.

Danramil Cimahi, Mayor Wastra juga berharap para Rt, Rw dan Linmas selalu proaktif, peka dan peduli terhadap lingkungannya.

“Bencana juga selalu dimonitor, seperti longsor di BPJS itu karena musim hujan, itu lah tugas kita untuk memonitor , harus selalu waspada”, katanya.

Saat berkeliling meninjau pos ronda. Foto/Tim Redaksi.


Kapolsek Cimahi, Kompol Saidina mengatakan “ Siskamling memang perkerjaan yang menjengkelkan yang tidak disukai oleh masyarakat, tetapi manfaatnya sungguh sangat luar biasa. Misalnya, orang sedang ngeronda kemudian rumahnya kelihatan ada asap, ada api dari ronda inilah, dari siskamling inilah yang memberitahukan. Orang sedang tidur terlelap, begitu ada api kelihatan, digedor oleh ronda yang punya rumah terbangun, dan selamat semua itu nyawa, tetapi kalau tidak ada ronda, ya mungkin inalilahi semua satu keluarga”

Menurut Kapolsek Cimahi, dengan adanya pos kamling dan yang menjaga dapat terhindar dari kriminalitas seperti pencurian.

Manfaat siskamling juga banyak, tidak hanya menjaga lingkungan dari pencurian, siskamling juga dapat membantu orang yang mau melahirkan, bencana longsor, dan membantu warga yang membutuhkan.

Saat berkeliling meninjau pos ronda. Foto/Tim Redaksi.


Dalam acara tersebut juga ada beberapa keluhan dari warga sekitar kepada Camat Cimahi Tengah, seperti meminta penerangan lampu di lingkungan yang gelap, menanyakan perizinan warnet, dan meminta penggantian baju Linmas yang baru.

“Tahun 2020 ini selalu kita usulkan, tetapi kenyataan di BAPPEDA selalu dicoret karena pakaian dinas ataupun untuk seragam itu termasuk yang dikenai rasiosanalisasi, jadi semua tidak bisa.”

“Mohon untuk bersabar, nanti akan kita usahakan. Karena yang kita urus itu lumayan banyak” kata Camat Cimahi Tengah.


(Tim Redaksi)

Kelurahan Padasuka Jadikan Tempat Monitoring dan Evaluasi Siskamling Wilayah Kec Cimahi Tengah Kelurahan Padasuka


Loading...