Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Bocoran Skenario Evakuasi WNI Dari Wuhan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Bocoran Skenario Evakuasi WNI Dari Wuhan
Editor: S.N.A Teras Health —Kamis, 30 Januari 2020 16:39 WIB

Terasjabar.id - Wabah virus corona yang disebut-sebut sebagai penyebab pneumonia "misterius" telah menyebar tidak terkendali ke sejumlah negara. Virus misterius ini pada awalnya muncul di pasar ikan dan hewan yang terletak di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok dan terus merambah ke kota-kota lainnya. Akibatnya, Pemerintah Tiongkok kini telah menutup kota Wuhan demi mencegah penyebaran wabah ini semakin meluas.

Diisolasinya kota Wuhan membuat banyak keluarga mulai khawatir dengan keberadaan kerabat mereka yang masih terjebak di Wuhan. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia sedang berupaya untuk melakukan evakuasi terhadap para Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono lantas membocorkan dua skenario evakuasi ataupun penjemputan WNI di Wuhan demi mengantisipasi penyebaran virus corona. Rupanya, skenario tersebut diusulkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Skenario pertama adalah pemerintah akan menjemput WNI secara langsung dari Hubei dengan menggunakan pesawat. Namun hal tersebut dilakukan dengan catatan jika provinsi tersebut tidak berstatus lockout atau tidak lagi diisolasi.

Sementara itu, skenario kedua adalah terkait apakah pemerintah Hubei masih menyatakan status isolasi atau lockdown. Jika masih diisolasi, maka pihak Indonesia akan menjemput WNI dengan cara dibawa keluar dari Hubei kemudian akan dijemput di wilayah yang berbeda.

"Ada dua skenario yang ditawarkan Kemenlu, yaitu mengeluarkan mereka langsung dari Hubei," jelas Anung seperti dilansir dari Wowkeren.com, Kamis (30/1). "Yang kedua mengeluarkan mereka keluar Hubei dan menjemput mereka di sana. Kami masih menunggu informasi lanjutnya."

Skenario penjemputan tidak hanya sampai disitu. Nantinya, jika WNI tersebut sudah tiba di Indonesia masih akan dilakukan beberapa tahapan lagi demi mencegah penyebaran virus corona di Tanah Air.

Meski begitu, Anung menjelaskan kendala terbesar proses pemulangan WNI ini dari Wuhan ini jika Hubei masih dalam status isolasi. Sebab, kepulangan WNI dari Hubei akan diawasi dengan semakin ketat lantaran mereka berada dalam proses karantina.

"Kita mesti mengetahui detail status WNI di sana, mulai nama, visa, alamat," jelas Anung. "Dan mengetahui status kesehatannya lewat pemeriksaan di bandara, menggunakan evacuation capsule di bandara, nanti pakai itu."

"Kita lihat status kota itu sendiri jika masih lockdown semua pergerakan orang akan diawasi lewat proses karantina," sambungnya. "Jika sudah lockout mereka akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu people under observation (dalam kondisi tidak sehat atau menunjukkan gejala sakit) dan suspect."

Cegah Penyebaran Virus Corona Ini Bocoran Skenario Evakuasi WNI Dari Wuhan


Loading...