Dosen-Dosen Unpas Bandung Siap Terjun Membina Destinasi Wisata Kuningan

 Dosen-Dosen Unpas Bandung Siap Terjun Membina Destinasi Wisata Kuningan
Para Dosen Unpas saat berkunjung ke destinasi wisata Palutungan Kuningan.
Editor: Admin Teras Kuningan —Kamis, 30 Januari 2020 13:49 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah Dosen Universitas Pasundan (Unpas) Bandung dari Fakultas FISIP mengadakan acara pengabdian masyarakat dengan tema "Melalui Partisifasi Masyarakat , Kita Tingkatkan Potensi Pariwisata Bukit Panembongan, Sukageuri View, Curug Putri, Taman Cisantana di Kab Kuningan, Selasa (28/1/2020).

Kegiatan ini menindaklanjuti Riset dan Praktek (RISTEK) yang dilakukan 193 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Publik UNPAS Universitas Pasundan Bandung bulan Juli 2019

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen-Dosen Unpas ini sejalan dengan Visi Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023, yang salah satu programnya adalah mencetak 25 Desa Wisata dan 100 Desa Pininjul dalam 5 tahun ke depan.

Dosen-Dosen Prodi AN FISIP Unpas yang melakukan kegiatan ini adalah Dr. Lia Muliawaty, M.Si, Dr. R Taqwaty Firdausijah, M.Si, Dr. Ine Mariane,M.Si, dra Mira Rosana, M.Pd, Dr. Imas Sumiati, M.Si, dan NR. Ruyani S.Sos, M.Si.

Dari Taman Wisata Palutungan bisa melihat Objek Wisata Waduk Darma.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Kunjungan para Dosen Unpas didampingi Kabid Pemasaran Disporapar, Teti Sukmawati, Kasie Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Bidang Pemasaran Disporapar, Sri Mulyati dan staff Disporapar Kuningan, melakukan kunjungan ke Desa Tembong yang memiliki Potensi Wisata Bukit Panembongan dan Desa Cisantana yang memiliki banyak destinasi wisata diantaranya Sukageuri View, Curug Putri, Taman Cisantana dll.

Dr. Lia Muliawaty, M.Si, salah satu Dosen Prodi AN FISIP Unpas menjelaskan bahwa tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bagaimana dunia Pariwisata menjadi sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah.

"Kuningan kan banyak memiliki destinasi wisata namun faktanya belum bisa menjadi andalan sumber PAD, salah satu caranya adalah dengan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya dan potensi pariwisata didukung partisipasi masyarakatnya" paparnya.

Vila Ciremai Land di kawasan Palutungan menjadi daya tarik wisatawan.

Rombongan Dosen  berdiskusi bersama Camat, Kepala Desa dan Kelompok Penggerak Wisata tentang Potensi-Potensi Wisata di Dua Desa yang dikunjungi, yakni Desa Tembong dan Desa Cisantana.

Sementara itu,Dr. Ine Mariane,M.Si menjelaskan kesimpulannya, Kabupaten Kuningan memiliki banyak Potensi Destinasi Wisata yang harus terus dikembangkan.

Destinasi wisata ini cukup banyak tersebar di beberapa titik, hanya dibutuhkan sinergisitas, untuk di Desa Tembong kelembagaannya harus diperkuat seperti pembentukan Kompepar dll, sedangkan untuk di Cisatana ini partisipasi masyarakat sudah cukup tinggi tinggal dukungan Pemerintah dan peran pihak swasta yang harus lebih ditingkatkan", ujarnya.

Diharapkan desa-desa wisata nantinya menjadi desa binaan kita dan kedepan perusahaan-perusaahan swasta harus bisa membantu memberdayakan desa-desa wisata yang ada, pungkas dia.

 

(H WAWAN JR)

Dosen-Dosen Unpas Bandung Siap Terjun Membina Destinasi Wisata Kuningan


Loading...