Gunung Ciremai Diserbu Pecinta Alam

Gunung  Ciremai Diserbu Pecinta Alam
Pesona Gunung Ciremai bisa dinikmati dari lokasi Zamzam Pool Jalan Raya Manislor-Bandorasa.
Editor: Admin Teras Kuningan —Kamis, 30 Januari 2020 13:36 WIB

Terasjabar.id - Ratusan pencinta alam dan komunitas pendaki dari berbagai daerah setiap pekan memadati Gunung Ciremai untuk menaklukan gunung  tertinggi di Jawa Barat (3078 Km MDPL).

Para pecinta alam dan komunitas pendaki dari berbagai daerah itu, menyambut gembira dengan dibukanya kembali jalur pendakian gunung Ciremai sejak 30 Desember 2019. Kebijakan itu berdasar pada surat Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) yang ditanda tangani Kepala BTNGC Kuswandono nomor PG.27/T.33/TU/ KSA/12/2019 perihal dibukanya kembali jalur pendakian gunung Ciremai melalui jalur Apuy, Linggasana, dan jalur Palutungan. Namun jalur pendakian Linggarjati, sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Aktivis Anak Rimba (AKAR) Noeryaman menuturkan, dibukanya kembali jalur pendakian  itu menyusul terjadi kebakaran  Gunung Ciremai  beberapa bulan silam. Sementara itu,  pihak BTNGC menutup sementara jalur pendakian Gunung Ciremai tersebut, dengan tujuan demi menjaga keselamatan dan keamanan para pendaki, paparnya Kamis (30/1/2020).

Baron pemandu Gunung Ciremai saat diwawancarai.

Jumlah pendaki dibatasi dan harus sesuai dengan kuota sebanyak 497 orang. Mereka tidak boleh lebih dari tiga hari dari mulai start perjalanan menuju puncak gunung dan saat 'turun gunung' Daya tempuh dari posko

Palutungan berkisar antara 7 sampai 9 jam. Tapi bagi pendaki yang sudah terbiasa bisa lebih cepat, terang dia.

Mereka (pendaki) wajib  ada keterangan sehat dari dokter atau paling tidak 'klinik' kesehatan. Seperti di posko Palutungan selalu siaga bagi pendaki yang belum cek kesehatan, tutur Baron.

Pendaki asal Cimahi Bandung sesaat di Palutungan sebelum mendaki puncak Gunung Ciremai.

Sejumlah pendaki asal Cimahi Bandung, saat berada di posko Palutungan menuturkan,  Gunung Ciremai memiliki kelebihan jika dibanding dengan gunung lain yang ada di Jabar, selain memiliki ketinggian 3.078 Km Mdpl juga rute pendakian cukup seru dan menantang, ujar  Marni salah seorang pendaki.

Pendaki asal Tangerang saat berada di posko Palutungan.

Kesan yang sama  disampaikan pendaki asal Tanggerang, kami rindu Gunung Ciremai, gunung kebanggaan masyarakat Jawa Barat yang harus kita jaga kelestariannya, tutur Maman Sutria seraya bersiap mendaki bareng kelompoknya.

 

(H WAWAN JR)

Gunung Ciremai Diserbu Pecinta Alam Kuningan


Loading...