Antisipasi Virus Corona, Ini Imbauan MUI untuk Pemerintah dan Masyarakat

Antisipasi Virus Corona, Ini Imbauan MUI untuk Pemerintah dan Masyarakat
Petugas kesehatan menggunakan termometer inframerah memeriksa turis yang tiba di Bandara Don Mueang, Bangkok, Sabtu (25/1/2020). Foto/Reuters
Editor: Admin Hot News —Kamis, 30 Januari 2020 09:23 WIB

Terasjabar.id - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi menyampaikan keprihatinan yang sangat mendalam atas munculnya wabah virus Corona di Wuhan, China yang sampai hari ini merenggut 131 orang dan kemungkinan besar akan terus bertambah.

Dia meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah penyelamatan kepada warga Indonesia yang masih berada di Wuhan dan daerah terpapar virus Corona lainnya agar mereka mendapat perlindungan kesehatan dan keselamatan jiwa.

"Jika dimungkinkan dan sesuai prosedur keselamatan dan standar kebijakan pemerintah setempat maka langkah evakuasi harus segera dilaksanakan agar WNI selamat," ujar Zainut, yang dikutip dari Sindonews.com, Kamis (30/1/2020).

MUI juga mengimbau masyarakat menaati anjuran pemerintah melalui travel warning untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang terpapar virus Corona. Demikian sebaliknya untuk sementara waktu menolak kunjungan warga negara asing ke Indonesia yang wilayahnya sedang diisolasi karena terpapar virus Corona. "Ini semata-mata untuk mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia," katanya.

Kemudian, pihak Imigrasi di bandara dan pelabuhan di seluruh Indonesia juga harus melakukan tes kesehatan secara ketat guna memastikan penumpang pesawat baik yang datang maupun berangkat ke luar negeri terbebas virus Corona.

MUI pun mengimbau umat Islam dan rakyat Indonesia tetap menjaga kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat seperti mengonsumsi makanan yang halal dan baik, membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, istirahat yang cukup dan berolahraga untuk tetap menjaga stamina dan imunitas tubuh. "Jika ada gejala sakit segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit agar segera diobati," ujar Zainut. 

Antisipasi Virus Corona Ini Imbauan MUI untuk Pemerintah dan Masyarakat


Loading...