BPJS Ketenagakerjaan Sebut Longsor dari Dinding Pembatas yang Sedang Dibangun Murni Akibat Cuaca Ekstrem

BPJS Ketenagakerjaan Sebut Longsor dari Dinding Pembatas yang Sedang Dibangun Murni Akibat Cuaca Ekstrem
Whisnu Pradana
Editor: Epenz Teras Cimahi —Rabu, 29 Januari 2020 16:16 WIB

Terasjabar.id, Cimahi - Benteng pembatas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi, di Jalan Raya Barat, ambruk dan tanahnya longsor menimpa bangunan yang ada di bawahnya, Selasa (28/1/2020) sore.

Menanggapi musibah tersebut, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Aang Supono mengatakan, curah hujan tinggi menjadi penyebab longsornya tanah dari tebing setinggi 30 meter tersebut.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

"Kami sedang melaksanakan pembangunan talud (dinding penahan tanah) untuk menahan longsor. Tapi saat proses pembangunan justru malah longsor karena cuaca ekstrem," ujar Aang saat ditemui di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Jalan Raya Barat, Rabu (29/1/2020).

Sebelum pembangunan dilakukan, pihaknya terlebih dahulu membuat perencanaan dengan PT. Wiyata Bakti Mandiri. Lalu melakukan lelang pengerjaan fisiknya.

"Pengerjaan pembuatan DPT itu sudah sekitar 60 persen jadi belum selesai tapi keburu longsor. Terkait teknis sebetulnya kami tidak terlalu mengerti, karena dikerjakan oleh perusahaan pemenang tender, artinya sekarang masih tanggung jawab pelaksana proyek," tuturnya.

Saat ini pihaknya memprioritaskan penanganan material sisa longsor yang menutupi saluran air hingga mengakibatkan banjir ke sejumlah rumah warga.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

"Kalau tidak dibersihkan berpotensi ada banjir lagi. Material itu juga kita bersihkan karena merusak dinding masjid tepat di bawah tebing. Jadi kita fokus dulu pembersihan material longsor dibantu pemerintah daerah dan BPBD," jelasnya.

Sebagian warga yang rumahnya terdampak longsor terpaksa dievakuasi untuk menghindari adanya korban lantaran masih ada potensi longsor susulan.

"Setelah material sisa longsor ini bersih, langsung dilanjutkan pengerjaannya biar tidak terjadi longsor lagi. Warga sudah dievakuasi sebagian khawatir longsor susulan," tegasnya.

BPJS Ketenagakerjaan juga meminta pada pengurus RT dan RW setempat untuk menginventarisir kerugian yang timbul akibat musibah tersebut.

"Untuk kerugian akan kami ganti, tapi biar jelas jadi minta diinventarisir dulu oleh pengurus RT dan RW. Termasuk untuk kerusakan masjid juga akan kami ganti," tandasnya. (SDK)

Longsor Ambruk BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi Jalan Raya Barat


Loading...