Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang

Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang
Foto: iStock/Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang
Editor: S.N.A Teras Health —Rabu, 29 Januari 2020 14:25 WIB

Terasjabar.id - Semua orang di dunia mengantisipasi virus corona yang sudah mematikan 132 orang ini. Mengenali gejala virus corona merupakan salah satu langkah antisipasi yang tepat.

Virus corona adalah kelompok besar virus yang umum ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus tidak hanya menyebar antar hewan. Artinya, virus corona atau corona virus bisa menyebar dari hewan ke manusia.

Dilansir dari DetikHealth, Dalam kasus penularan antar manusia, biasanya terjadi saat kontak langsung dengan cairan pasien. Misal terkena cipratan liur saat bersin atau batuk. Penularan juga bisa berasal dari menyentuh langsung pasien. Bagian tubuh yang terpapar langsung kemudian digunakan untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Lalu bagaimana gejala virus corona?


Menurut Menkes dr Terawan Agus Putranto, gejala virus corona pertama, batuk. Meski demikian, masyarakat tidak terburu-buru mengklaim seseorang terkena virus tersebut hanya karena batuk. Karena itu, gejala kedua yakni demam. Seseorang yang terkena virus corona harus disertai demam.

Ketiga, kriterianya yakni seseorang yang terjangkit virus corona adalah mereka yang melakukan perjalanan ke kota-kota yang terjangkit virus tersebut. Keempat, kontak dengan orang yang sudah terjangkit virus corona juga bisa menjadi salah satu sebab seseorang mungkin terjangkit virus.

Setelah mengetahui gejala virus corona, bagaimana cara pencegahan virus baru ini? Terawan menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi langkah antisipasi bagi masyarakat agar tak terkena virus Corona.

Cara pencegahan virus corona yakni kita harus menjaga kesehatan dengan hidup bersih. Cuci tangan menggunakan sabun. Kalau batuk dan pilek ditutupi dengan masker. Masyarakat juga harus makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, serta olahraga secukupnya dan jangan berlebihan.

Hingga saat ini belum ada obat spesifik untuk virus corona. Gejala virus corona bisa hilang sendiri bila ditangani sejak dini. Kantor berita China, Xinhua News Agency dan televisi nasional China, China Global Television Network (CGTN), Selasa (28/1/2020) menyebutkan, sedikitnya 51 pasien virus corona di Wuhan, China telah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Spesialis paru dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan, meski belum ada obatnya, pasien virus corona bisa sembuh berkaitan dengan kekuatan sistem imun seseorang.

Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang


Loading...