Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya SDM yang Sehat Agar Indonesia Bisa Unggul

Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya SDM yang Sehat Agar Indonesia Bisa Unggul
Foto : Whisnu Pradana
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Rabu, 29 Januari 2020 13:51 WIB

Terasjabar.id - Presiden RI, Joko Widodo, bersama 34 gubernur se-Indonesia, 119 wali kota dan bupati, serta sejumlah menteri melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020).

Di Gedung Cimahi Technopark, Jalan Baros, Kota Cimahi, Presiden Jokowi menghadiri kegiatan Bersama Menuju Eliminasi TBC di 2030.

"SDM unggul sebagai prioritas utama kita dalam lima penurunan harus sehat semuanya. Saya ingin mendukung keras kegiatan bersama menuju eliminasi TBC di 2020," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Pihaknya sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah melalui Puskesmas, yayasan, dan kader yang bergerak dalam mengeliminasi TBC hingga tahun 2030 mendatang.

"Kalau sehat merembetnya bisa kemana-mana, ke pendidikan bisa, ke mana-mana. Saya setuju fokusnya ke pengobatan, pencegahan penyakit yang lebih diperlukan sekali, sehingga pengembangan perkotaan perdesaan membangun rumah-rumah yang sehat menjadi kunci," katanya.

Selain itu, infrastruktur fisik harus mendukung peningkatan kesehatan masyarakat baik seperti drainase yang lancar dan bersih, pengelolaan sampah, air bersih, serta pembangunan rumah dengan sirkulasi udara yang baik.

"Coba Menteri PU ikut kita, tapi ternyata tidak ikut masuk rombongan ini dan mau saya perintah rumah-rumah yang masih belum sehat agar segera dikerjakan. Bukan hanya melihat fungsi jalan, tapi drainase, sampah, rumah yang sehat sangat penting," bebernya.

(SDK)






Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya SDM yang Sehat Agar Indonesia Bisa Unggul


Loading...