Waspada Virus Corona, Bazoga Bandung Klaim Jaga Kesehatan Satwa

Waspada Virus Corona, Bazoga Bandung Klaim Jaga Kesehatan Satwa
Pengelola kebun binatang Bandung atau Bazoga mengklaim tempat wisatanya aman dikunjungi. Foto/Dok/SINDOnews
Editor: Admin Teras Bandung —Rabu, 29 Januari 2020 13:30 WIB

Terasjabar.id - Pengelola Kebun Binatang Bandung atau Bazoga mengklaim tempat wisatanya aman dikunjungi. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir satwa di Bazoga terpapar virus Corona.

Dikutip dari sindonews.com, menurut Markom Bazoga Sulhan Syafi'i, pihaknya memiliki SOP dalam mengatasi berbagai bentuk kesehatan hewan. Selama ini tim dokter di kebun binatang tersebut sudah melakukan SOP tersebut yakni dengan cara membuat pemantauan harian pada seluruh satwa.

Setiap hari keeper atau penjaga satwa mengecek kondisi satwa di dalam kandang dengan cara melakukan pengamatan visual terhadap tingkah laku, gerak gerik satwa yang ada kebun binatang. Bila terjadi sesuatu di luar kebiasaan keeper akan melakukan laporan ke kurator.

"Ada laporan harian yang dibuat oleh keeper secara tertulis. Ini menyangkut seluruh aspek satwa yang ada di kandang," ujar Sulhan Syafi'i dalam siaran persnya, Rabu (29/1/2020).

Dalam proses pengamatan tersebut bila ada yang ganjil langsung dilaporkan kepada kurator, paramedik dan juga dokter. "Kami memiliki dua dokter yang standby setiap hari untuk menjaga kesehatan satwa," tambahnya.

Melihat kondisi tersebut, siapa pun yang akan berkunjung ke Bazoga tidak perlu khawatir terhadap virus Corona. Dengan SOP yang dijalankan, penyakit pada satwa akan cepat ditemukan.


Apalagi, kata dia, hingga saat ini belum ada informasi warga yang tinggal di Indonesia terdeteksi terpapar virus tersebut. Untuk keluar masuk satwa pun di lembaga konservasi seperti Bazoga dipastikan sangat ketat.

“Kami juga akan mendatangkan sejumlah satwa untuk Zona Afrika yang akan dibuka dalam waktu dekat. Pengiriman satwa ini juga sesuai dengan SOP baku yang sangat ketat. Ada pemeriksaan kesehatan di tempat asal satwa dan saat sampai di tempat kami pun satwa tersebut akan dipantau kesehatannya,” ujarnya.

Waspada Virus Corona Bazoga Bandung Klaim Jaga Kesehatan Satwa


Loading...