RSUD Cibabat Siapkan Ruang Screening dan Observadi Waspada Corona Virus

RSUD Cibabat Siapkan Ruang Screening dan Observadi Waspada Corona Virus
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Selasa, 28 Januari 2020 13:08 WIB

Terasjabar.id - Waspada ancaman Novel Corona Virus (NCoV), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi, menyiapkan ruang screening dan observasi di bagian terluar rumah sakit.

RSUD Cibabat mengalami keterbatasan ruangan serta tenaga medis spesialis sehingga tidak menyiapkan ruang isolasi khusus dengan dokter spesialis dan konsultan pulmonologi.

Saat ini, ruang isolasi khusus yang ada di RSUD Cibabat hanya ruang isolasi untuk pasien Tuberculosis (TB) dengan jumlah pasien yang juga cukup banyak.

"Ruangannya ada di sayap kiri terluar rumah sakit. Sekarang sedang disiapkan ruangannya, jadi tidak akan sampai masuk ke dalam gedung dan ruang isolasi khusus karena penularannya sangat cepat," ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, dr. Ars. Agustiningsih, saat ditemui, Selasa (28/1/2020).

Untuk penanganan pasien suspect NCoV juga dibentuk tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan security ditunjang dengan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap.

Selain itu disiapkan juga ambulans, respirator, dan one piece coverall atau pakaian khusus bagi petugad medis dan sopir yang mengantarkan pasien suspect NCoV ke rumah sakit rujukan.

"Semua petugas medis termasuk security akan mengenakan APD, terutama masker dan kacamata. Kalau hasil screening dan observasinya suspect, akan dirujuk langsung ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)," tuturnya.

Pihaknya meminta agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada menyikapi ancaman NCoV yang baru terjadi dan kasus pertama terjadi di Wuhan, Cina.

"Langkah antisipasi juga kita pasang poster imbauan di semua titik di rumah sakit. Untuk masyarakat umum wajib menjaga kebersihan terutama cuci tangan. Terus menjaga etika batuk, gunakan tisu saat batuk lalu dibuang. Kalau pakai masker, maksimal 6 jam lalu dibuang juga," tandasnya.

(SDK)


RSUD Cibabat Siapkan Ruang Screening dan Observadi Waspada Corona Virus


Loading...