Sebanyak 12 Mahasiswi Unesa di Wuhan China, Pemerintah Diminta Evakuasi Khawatir Terjangkit Virus Korona

Sebanyak 12 Mahasiswi Unesa di Wuhan China, Pemerintah Diminta Evakuasi Khawatir Terjangkit Virus Korona
(Suara.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Januari 2020 18:51 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 12 mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur terisolasi karena ada wabah virus korona di Kota Wuhan, China. Orangtua mereka ingin agar pemerintah mengevakuasi mahasiswi yang sedang menjalani program beasiswa pendidikan bahasa Mandarin di Central China Normal University Wuhan itu.

Para mahasiswa itu tidak bisa keluar dari Wuhan karena akses ke kota itu sudah ditutup untuk mencegah meluasnya sebaran virus korona. Namun, kondisi mereka dilaporkan sehat dan tidak terinfeksi korona.

"Saya berharap KBRI dan Kemenlu segera mengevakuasi mereka di tempat aman. Tadi saya sempat telepon kalau masker langka di sana," kata Tris Suto, orangtua Aprilia Mahardini salah satu mahasiswi Unesa yang berada di Wuhan, Senin (27/1/2020).

Suto yang tinggal di Surabaya sudah berkomunikasi dengan anaknya di Wuhan melalui telepon. Menurutnya, saat ini takut makan telur dan ayam, hanya berani menyantap mi instan dan bakwan goreng.


Saat ini yang dibutuhkan para mahasiswi di Wuhan, kata dia, adalah masker khusus. Stok masker khusus di sana dilaporkan sudah mulai menipis karena warga di sana sudah diimbau memakai masker untuk mencegah terkena virus korona.

"Anak saya bersama teman yang lain kondisinya Alhamdulillah baik-baik semua. Anak saya berpesan tidak perlu ada kecemasan berlebihan, KBRI dan Kemenlu sudah koordinasi mengenai ke 12 mahasiswi untuk diperhatikan kebutuhannya," papar Suto.

Aprilia Mahardini berangkat ke Wuhan, pada 4 September 2010. Dalam jadwal study beasiswanya akan berakhir Juli 2020. Saat ini tidak ada kegiatan belajar mengajar karena libur sebulan bertepatan Hari Raya Imlek. Disadur dari Okezone.com

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya


Loading...