RSUD Banten Siagakan Ruang Isolasi, Mewaspadai Penyebaran Virus Korona

RSUD Banten Siagakan Ruang Isolasi, Mewaspadai Penyebaran Virus Korona
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Januari 2020 15:48 WIB

Terasjabar.id - Penyebaran virus corona dari Wuhan membuat RSUD Banten melakukan kesiapsiagaan. Termasuk menyiagakan ruang isolasi jika ada suspect dari virus yang menyebar di beberapa negara ini.

"Ada ruang isolasi sebagai kewaspadaan, ada 6 yang kita siapkan," kata Dirut RSUD Banten Danang Hamsah Nugroho, Senin (27/1/2020).

Selain menyiapkan ruang isolasi, pihaknya akan melakukan sosialisasi kewaspadaan kepada dokter di UGD dan puluhan puskesmas di Serang. Sosialisasi dilakukan untuk pencegahan dan pengenalan gejala terkait virus mulai esok.

Dinkes Banten sendiri mengeluarkan surat edaran kesiapsiagaan dalam upaya mencegah virus corona. Edaran ditandatangani Kadinkes Ati Pramudji Hasuti disampaikan ke puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk melakukan langkah deteksi dini dan pencegahan."Akan kita lakukan sosialisasi pencegahan," ujarnya.

Dalam edaran tersebut puskesmas diminta melakukan pengamatan kasus sindrom mirip flu atau influenza like ilness (ILI) dan pneumonia melalui kewaspadaan dini. Kedua, diminta melakukan pemantauan dalam masa inkubasi pada orang yang datang dari negara terjangkit.

Terakhir, rumah sakit dan puskesmas diminta segera melapor kasus pneumonia berat yang memiliki riwayat perjalan ke negara terjangkit. Laporan dilakukan berjenjang dari puskesmas sampai ke Dinkes Banten.Kemudian meminta memantau ketat dan melakukan isolasi penderita dengan gejala pneumonia dan mempunyai riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum muncul gejala. Disadur dari Detik.com

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona RSUD Banten


Loading...