Pemerintah Mencabut Peringatan Bahaya Gunung Taal, Ribuan Warga Filipina Kembali ke Rumah

Pemerintah Mencabut Peringatan Bahaya Gunung Taal, Ribuan Warga Filipina Kembali ke Rumah
(iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 26 Januari 2020 13:00 WIB

Terasjabar.id - Ledakan besar gunung berapi Taal Filipina yang bergolak tidak akan muncul dalam waktu dekat, menurut pihak berwenang, Minggu (26/1/2020). Pemerintah pun secara parsial mencabut perintah evakuasi massal, tetapi memperingatkan penduduk untuk tetap siap melarikan diri.

Tanda-tanda peringatan seperti gempa bumi terus berkurang sejak Taal meledak dua pekan lalu, memicu setidaknya 135.000 orang mengungsi ke pusat-pusat evakuasi lantaran kekhawatiran terjadinya letusan besar-besaran.

Badan seismologi menyatakan, "Terus menyusutnya emisi abu dan gas adalah tanda-tanda kecenderungan letusan bahan peledak berbahaya menurun."

Hal ini membuat pemerintah menghentikan peringatan.

Dampak langsung dari berkurangnya peringatan tersebut adalah pemerintah provinsi mencabut perintah evakuasi untuk hampir semua kota yang mengelilingi gunung berapi, objek wisata yang berada di tengah danau.

"Penduduk semua kota di bawah kecuali Agoncillo dan Laurel sekarang memiliki opsi untuk kembali," kata gubernur lokal, Hermilando Mandanas, seperti dilaporkan AFP.

"Ada kemungkinan bahwa gunung berapi masih bisa meletus dan kita harus siap mengungsi dalam satu jam."

Gunung berapi itu melontarkan abu setinggi 15 kilometer dan memuntahkan lava saat meletus pada 12 Januari, yang menghancurkan sejumlah rumah dan membunuh ternak serta tanaman.

Namun, seismolog memperingatkan gunung berapi akan segera melepaskan letusan yang jauh lebih besar, yang menimbulkan risiko mematikan bagi siapa pun di zona bahaya radius 14 kilometer.

Taal, yang terletak hanya 60 kilometer dari ibu kota Manila, adalah salah satu gunung berapi paling aktif di negara itu.

Letusan terakhir adalah pada 1977. Pada 1965, letusan Taal menewaskan sekitar 200 orang.

Ledakan vulkanik paling kuat di Filipina dalam beberapa tahun terakhir adalah letusan Gunung Pinatubo pada 1991, sekitar 100 kilometer barat laut Manila, yang menewaskan lebih dari 800 orang. Disadur dari iNews.id

Gunung Taal Filipina Pemerintah Mencabut Perintah Evakuasi Masal Ibukota Manila


Loading...